29 February 2020

4 Kabupaten/Kota di Jawa Barat Siaga Darurat Kekeringan

KONFRONTASI -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyebutkan empat kota/kabupaten siaga darurat kekeringan. Hal ini akibat musim kemarau yang berdampak pada sulitnya warga mendapatkan air untuk kebutuhan hidup sehari-hari maupun pertanian.

"Di seluruh Jawa Barat belum semua kabupaten siaga darurat kekeringan, sementara baru ada empat kabupaten," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jabar, Dicky Saromi usai sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran di Kabupaten Garut, Selasa, 29 Agustus 2017, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Ia menuturkan, musim kemarau seringkali memicu terjadinya bencana kekeringan bahkan kebakaran di seluruh daerah Jabar. Dampak bencana kekeringan yang dikhawatirkan, menurut dia, adalah warga kekurangan air bersih untuk minum dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Yang jelas kekeringan itu banyak daerah yang membuat masyarakat kekurangan air," katanya.

Ia menyebutkan, dari 27 kota/kabupaten di Jabar baru empat daerah yang melaporkan sudah siaga darurat kekeringan yakni Kabupaten Sukabumi, Karawang, Cianjur dan Kota Banjar. Sedangkan daerah lainnya, kata dia, seperti Kabupaten Bandung belum dinyatakan siaga darurat kekeringan.

"Kabupaten Bandung ada beberapa kekeringan, tapi belum posisi siaga," katanya. Ia menyampaikan, daerah siaga darurat kekeringan tersebut kondisinya kesulitan air bersih dan minum.
Bantuan air bersih

BPBD Jabar termasuk pemerintah daerah setempat, lanjut dia, sudah memberikan bantuan air bersih termasuk membantu pengairan untuk kebutuhan pertanian. "Ada petugas BPBD yang siap siaga dalam bentuk bantuan," katanya.

Ia menambahkan, selain bencana kekeringan, ada juga ancaman bahaya kebakaran pada musim kemarau.

Terkait berapa lama musim kemarau di Jabar, kata Dicky, berdasarkan informasi Badan Metereologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) bahwa kemarau sampai Agustus.

"Ya memang susah diprediksi, tapi kata BMKG puncaknya (kemarau) di Agustus ini," katanya.(Jf/PR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...