12 December 2019

136 Kota Ini Rawan Bencana

KONFRONTASI-Ada 136 Kabupaten/Kota rawan bencana yang disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Ironisnya, semua daerah itu ada di pusat pertumbuhan ekonomi.

Di Papua, ada 10 Kab/Kota rawan bencana, Jawa-Bali (36), Kalimantan (18), Maluku (12), Nusa Tenggara (15), Sulawesi terdapat (24), dan di Sumatera terdapat 21 Kab/Kota rawan bencana.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan, BNPB fokus menurunkan indeks risiko bencana di 136 daerah. Apalagi, daya genjot perekonomian Indonesia dipengaruhi stabilitas ekonomi di wilayah itu.

"Peningkatan perekonomian nasional dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan terkendala ancaman bencana," kata Willem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2016).

Namun, lanjut Willem, bukan berarti BNPB mengenyampingkan daerah lainnya yang tidak rawan bencana. "Wilayah lain tetap penting," imbuh Willem.

Untuk menanggulangi bencana di berbagai daerah, BNPB akan terus mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Baik pendanaan, logistik, peralatan, peningkatan sumber daya manusia dan lainnya," ujar Willem.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...