18 November 2019

1199 Titik Panas Terdeteksi, Pulau Sumatera Makin Membara

KONFRONTASI-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, sudah terdeteksi ada 1199 titik panas di Pulau Sumatera.

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua, kebakaran terparah berada di Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan titik panas (hot spot) 1045. Kemudian untuk Propinsi Jambi ada 96 hot spot.

"Untuk Riau sendiri ada enam titik panas. Penyebarannya ada di Kabupaten Inhil ada empat titik, dan dua titik di Inhu," kata staf analisa BMKG Pekanbaru, Didin, seperti dilansir  Okezone, Senin (5/10/2015).

Akibat kabut asap yang bersumber dari kebakaran hutan, dan lahan Riau terus terjadi, jarak pandang semakin terbatas.

"Saat ini visibility (jarak pandang) di Riau hanya 600 meter. Selain dari Riau, kabut asap juga berasal dari kiriman propinsi tetangga yakni Sumatera Selatan (Sumsel) dan Propinsi Jambi," tuturnya.

Berdasarkan analisa BMKG, seharusnya saat ini Riau sudah memasuki penghujan. Namun karena proses penguapan terganggu asap, jadi hujan tidak turun.

"Seharusnya saat ini kita sudah memasuki musim penghujan, namun karena asap proses penguapan awan untuk terbentuknya hujan terganggu, maka hujan sulit turun," imbuhnya.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...