23 January 2017

10 Fakta Kasus Agus Habisi Nyawa 5 Orang, Akhirnya Divonis Mati Majlis Hakim

KONFRONTASI  -  Agus Mubarok tidak berkutik di depan hakim. Vonis mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Sekayu, Sumatera Selatan (Sumsel) disambut tangis dan permohonan diberi kesempatan hidup lebih lama. Seberapa biadab kekejaman Agus?

Berdasarkan rangkuman detikcom, Selasa (10/1/2017), berikut 10 fakta di balik pembunuhan biadab tersebut:

1. Motif Jual Beli Tanah
Agus yang sehari-hari menjadi makelar tanah itu menawari sebuah perkebunan ke Tasir. Tapi belakangan Tasir membatalkan dan meminta uangnya dikembalikan. Sebab tanah yang dibeli dari Agus tanah sengketa.

Bukannya membatalkan jual beli, Agus malah mengambil tindakan kejam yaitu merencanakan pembunuhan.

2. Mengajak Anak untuk Ikut Membunuh
Untuk menghabisi nyawa Tasir, Agus mengajak anak buahnya untuk menghabisi nyawa Tasir. Dengan tega, Tasir juga mengajak anak buahnya yang masih anak-anak untuk menjalankan perbuatan keji itu. Mereka dijanjikan sejumlah uang, per orang Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Empat orang yang diajak yaitu Purwanto (22), Abdul Kohar (19), Uuk (18) dan anak.

3. Persiapan Matang
Agus dkk mempersiapkan matang pembunuhan tersebut. Terbukti dengan menyiapkan tali rafia dan karung untuk membawa mayat guna dibuang. Adapun alat pembunuhan disiapkan tongkat kayu gelam dan senjata tajam. 

4. Korban Dibunuh dengan Sadis
Agus dkk mendatangi rumah Tasir di Jalur 16 Desa Indra Pura Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin pada 4 Mei 2016 jelang tengah malam. Mereka kompak menghabisi seisi rumah. Satu orang dipukuli berkali-kali dengan kayu gelam dan dihujam senjata tajam.

5. Dua Korban Masih Anak-anak
Saat Agus dkk mendatangi rumah Tasir, ada lima penghuni yang sedang tidur. Mereka semua dihabisi, yaitu:

-Tasir (68).
-Istri Tasir, Ropiah (66).
-Anak Tasir, Kartini (37).
-Cucu Tasir, Winarti (14).
- Cucu Tasir, Apriani (7).

6. Korban Dimasukkan Karung
Usai menganiaya kelima korban, mereka dimasukkan ke karung dan mengikatnya. Dengan sepeda motor, karung itu dibawa ke Sungai Musi, 5 km dari rumah Tasir.

7. Dua Korban Masih Hidup Saat Ditenggelamkan
Ternyata, dua korban saat akan ditenggelamkan masih hidup yaitu Tasir dan Kartini masih hidup. Keduanya sempat berontak tapi pelaku buru-buru menutup mulut Tasir dan Kartini dengan lakban. Secepat kilat, karung yang berisi orang itu ditenggelamkan, setelah sebelumnya diisi dengan pasir untuk pemberat.

8. Agus Divonis Mati
PN Sekayu menjatuhkan hukuman mati kepada Agus. Vonis mati itu dijatuhkan oleh ketua majelis Sobandi dengan anggota Decky Christian dan Arlen Veronica. Vonis itu dijatuhkan pada Kamis (7/1) lalu. Hukuman mati itu sesuai dengan tuntutan jaksa.

Alasan majelis yaitu perbutan Agus sangat biadab, berbelit-belit dalam sidang dan tidak menyesali perbuatannya.

9. Pelaku Anak Dihukum 9 Tahun Penjara
Purwanto, Abdul Kohar dan Uuk dijatuhi hukuman 18 tahun penjara. Hukuman ketiganya lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menuntut penjara seumur hidup. 

Adapun pelaku anak dihukum 9 tahun.

10. Agus Menangis
Mendengar dirinya dijatuhi hukuman mati, Agus berkaca-kaca dan menangis. 

"Beri kesempatan saya untuk hidup," kata Agus dengan meneteskan air mata sambil meninggalkan ruang sidang. (Juft/Detik)

Category: 

loading...
loading...

BACA JUGA:      

Loading...