10 December 2018

Tomy Winata Dukung Jokowi, TKN: Belum Ada Sumbangan Dana Kampanye

KONFRONTASI =  Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf Amin, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan belum ada bantuan dana kampanye dari pengusaha Tomy Winata yang baru-baru ini diketahui mendukung pasangan Jokowi - Ma'ruf pada pemilihan presiden 2019. "Belum ada (sumbangan dana kampanye dari Tomy Winata)," kata Trenggono saat dihubungi Tempo, Selasa, 27 November 2018.

Trenggono mengaku belum pernah bertemu dengan Tomy. Dia juga tidak tahu siapa pelobi taipan itu untuk bergabung ke kubu Jokowi. "Mungkin Ketua TKN (Erick Thohir)," ujar pria yang kerap dijuluki 'Raja Menara' itu.

Wakil Sekretaris TKN Jokowi - Ma'ruf, Verry Surya Hendrawan memastikan tim kampanye Jokowi - Ma'ruf berpegang pada peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jika bos kelompok usaha Artha Graha itu menyumbang dana kampanye.

Verry menuturkan Peraturan KPU (PKPU) tentang Dana Kampanye mengatur besaran sumbangan dana kampanye dari individu sebesar Rp 2,5 miliar, sedangkan dari perusahaan atau korporasi senilai Rp 25 miliar. "Semuanya akan dimasukkan dalam rekening khusus dana kampanye (RKDK) yang diaudit rutin dan dilaporkan rutin," kata Verry kepada Tempo, Senin, 26 November 2018.

Baca: Jika Tomy Winata Menyumbang, Tim Jokowi - Ma ...

Menurut Verry hal-hal menyangkut akuntabilitas dan transparansi dana kampanye  fundamental bagi tim kampanye Jokowi - Ma'ruf. TKN, kata dia, juga memiliki Standard Operational Procedure (SOP) dan sistem audit internal yang mencakup semuanya.

Sebelumnya, Verry membenarkan dukungan Tomy Winata terhadap Jokowi - Ma'ruf. Dukungan pengusaha kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat itu terlihat dengan beredarnya sebuah foto pada Ahad, 25 November 2018.

Dalam foto itu, Tomy Winata tampak sedang berada di antara kerumunan orang yang menggunakan seragam kaus dan celana olahraga serta sepatu kets. Tomy pun mengenakan busana senada.

Tomy memegang sebuah kaus-t putih bertuliskan "Jokowi-Amin 01 Indonesia Maju." Foto ini beredar pada Ahad, 25 November 2018. Berdasarkan pemberitaan beberapa media, pada hari itu Tomy Winata menghadiri acara jalan santai bertajuk Artha Graha Peduli di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta.(Jft/Tempo)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...