26 June 2019

Sekilas Cerita WNI di AS Tempuh Jarak 300 Km Demi Nyoblos Pemilu 2019, Pilih Jokowi atau Prabowo?

KONFRONTASI -   WNI di luar negeri sudah melakukan pencoblosan lebih dulu. Tapi mencoblos di luar negeri ternyata tak semudah seperti di kota-kota besar di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Siti Raisa (26), warga Makassar, yang menempuh pendidikan di University of Notre Dame Environmental Engineering, Amerika Serikat (AS). Raisa rela menempuh perjalanan 300 kilometer hingga kembali ke rumahnya hanya untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Raisa harus menggunakan kereta 2 jam dari Kota South Bend, Indiana, ke State Chicago Illinois, Amerika. Sesampai di Chicago, Raisa kemudian menuju Indonesia Cultural Center (ICC) untuk menyalurkan hak suaranya sebagai warga negara Indonesia."Saya pengen tetap nyoblos jadi datang ke TPS, jadi surat suara ada di TPS untuk menyalurkan hak saya sebagai warga negara Indonesia.Sangat besar harapannya, saya saja yang harus menempuh jarak 5 jam dalam 150 kilometer untuk mencoblos Presiden RI dan dari pagi hingga sore," kata Siti Raisa saat berbincang dengan detikcom, Senin (15/4/2019).

Raisa mengatakan perjuangannya hanya untuk menyalurkan hak suara. Ia pun berharap pemimpin yang terpilih bisa membawa demokrasi Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Jadi semua orang bilang kenapa harus berjuang 5 jam hanya untuk memilih melakukan pencoblosan, menurut saya pribadi, saya sangat benar-benar memperjuangkan hak suara punya, selain itu, saya juga berharap pemimpin nantinya benar benar membawa demokrasi Indonesia ke arah baik lagi," jelasnya.
 

Kisah WNI di AS Tempuh Jarak 300 Km Demi Nyoblos PemiluFoto: WNI nyoblos di AS (Dok Pribadi)



Raisa berpesan kepada warga Indonesia, khususnya Makassar, tidak golput dan menyalurkan hak suaranya pada 17 April 2019. 

"Beruntungnya antusias pemilih lebih awal semoga memberikan motivasi warga di Indonesia yang akan mencoblos 17 April. Saya pribadi rela-rela berjuang menempuh 5 jam untuk sampai TPS, apalagi kalian yang hanya akan mencoblos di wilayah dekat rumah dengan jarak 5 menit hingga 10 menit, jadi pesan saya jangan sampai golput," paparnya.Raisa menjelaskan bukan hanya dirinya yang harus bersusah-susah demi mencoblos. Raisa juga bersyukur karena temannya yang berasal dari negara lain juga mau menemani dia mencoblos dari Indiana ke Chicago.

"Bukan hanya saya, sudah dari jauh-jauh hari teman saya pun semangat dengan cerita saya untuk melakukan pemilu, sehingga walaupun dia WNA, dia semangat untuk menemani saya dan excited untuk melihat suasana di TPS Chicago," tutup Raisa.(Jft/KotanDetik)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...