21 October 2018

Saud Usman dan Komjen Pol Suhardi Alius jadi Alternatif Kapolri, kata Buya Syafii

JAKARTA- Ketua Tim Sembilan, Ahmad Syafii Maarif, menyatakan, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Saud Usman dan Komjen Pol Suhardi Alius bisa menjadi alternatif calon kepala Polri, selain empat nama yang sudah diusung Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Saud Usman itu bisa jadi salah satu calon," kata Maarif, saat dihubungi di Jakarta, Minggu (8/2/2015).

Ia menyatakan, Usman masuk kriteria karena sudah menyandang bintang tiga dan syarat pengalaman penugasan. Usman saat ini kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

Selain Usman, tokoh Muhammadiyah itu merekomendasikan Sekretaris Utama Lemhanas, Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius.

"Soalnya dia bersih, bagus kerjanya, dan semua kriteria cocok," alasan Maarif. 

Akan tetapi, nama Alius ini tiba-tiba hilang dari daftar calon kepala Polri. Sementara itu, nama baru pun muncul, yakni Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, yang baru naik bintang tiga setelah menjadi Kabareskrim menggantikan Alius.

Maarif menyarankan agar calon kepala Polri terpilih harus yang dianggap masih memiliki sedikit "dosa" serta dapat bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Sebelumnya, Kompolnas telah mendatangi Kepolisian Republik Indonesia, Jumat (6/2/2015).

Para komisioner komisi itu mewawancarai empat kandidat calon, yakni Badrodin Haiti, Dwi Priyatno, Putut Eko Bayu Seno, dan Budi Waseso.

Para calon orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia itu menyampaikan visi dan misi serta rencana kerja sama dengan lembaga penegak hukum lain.

Salah satu komisioner, M Nasser, menyatakan, para calon itu memiliki peluang yang sama untuk dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Tentu kalau ada yang lebih senior dan bisa menjadi penyejuk agar situasi kondusif, itu akan lebih baik," ujar Nasser.

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...