27 February 2017

Relawan Anies-Sandi: Pelibatan Warga Mutlak Untuk Membangun Jakarta ke Depan

KONFRONTASI -  Komitmen Anies-Sandi untuk menjalankan pembangunan dengan cara baru, dengan pola gerakan, atau dengan memperkuat partisipasi warga, mendapatkan sambutan antusias dari komunitas relawan. Selama ini, partisipasi hanya menjadi slogan yang tidak berwujud dalam tataran operasional. Oleh sebab itu, Relawan Anies-Sandi melakukan serangkaian kegiatan untuk merumuskan bentuk ideal partisipasi warga.
 
Hal tersebut disampaikan M. Chozin Amirullah, Koordinator Relawan Anies-Sandi, di Pendopo Rumah Relawan, Jalan Panglima Polim IX, Jakarta Selatan, Jum’at, (25/11). Ada tiga kegiatan, lanjut Chozin, yang dilakukan, yakni pertemuan-pertemuan relawan dan komunitas, kedua pertemuan dengan dewan pakar dan ketiga konsultasi publik, dengan maksud untuk mendapatkan respon balik dari warga, termasuk usaha menggali ide-ide asli dari komunitas.
 
“Mulai 1 Desember, relawan Anies-Sandi, akan melakukan konsultasi publik, yang dilakukan di seluruh kelurahan Jakarta,” jelas Chozin.
 
Pada pertemuan-pertemuan relawan dan Dewan Pakar, yang dilaksanakan sejak awal sampai dengan minggu ketiga November, telah ditemukan tiga hal pokok, yakni: Pertama, perlunya policy reform, dengan pembentukan kebijakan yang mengatur lingkup partisipasi warga di tingkat Kelurahan dan RW, atau bahkan di bawahnya.
 
Kedua, perlunya kelembagaan baru, yang dapat menjadi arena bagi gerakan sosial (partisipasi warga), di tingkat Kelurahan, yang dalam hal ini adalah Unit Partisipasi Pembangunan Kota. “Dan temuan ketiga ialah perlunya alokasi anggaran, yang tentunya akan diatur sesuai dengan kemampuan daerah,” ujar Chozin.
 
Surahman, Sekretaris Jendral Gerbang Jakarta, salah satu simpul relawan Anies-Sandi mengatakan, bahwa hadirnya partisipasi warga secara nyata merupakan bagian dari agenda perjuangan relawan Anies-Sandi. “Dengan partisipasi warga, diharapkan pula agar relawan-relawan yang terlibat dalam perjuangan pilkada, pada waktunya, akan menjadi bagian dari gerakan membangun Jakarta di bawah kepemimpinan Anies-Sandi,” jelas pria yang akrab disapa Ipunk ini.
 
Senada dengan Ipunk, Darussalam, dari Relawan Sohib Anies-Sandi, mengatakan partisipasi warga dalam pembangunan sangat mutlak, agar paska pilkada, Kepala Daerah senantiasa mendapatkan mitra strategis, yakni kelompok-kelompok warga yang ingin mengubah Jakarta.
 
“Kami mendukung penuh komitmen Pak Anies untuk memperkuat partisipasi warga. Kami berharap hal tersebut dapat bersama kita wujudkan dalam bentuk Unit Partisipasi Pembangunan Kota yang berbasis di Kelurahan. Inilah nantinya menjadi arena bagi warga untuk terlibat bersama dalam membangun Jakarta setelah pak Anies dan Sandi memimpin Jakarta,” Jelas Darussalam. [ian/*]
 

Category: 

Berita Terkait

Baca juga


Loading...