26 February 2017

Relawan Anies-Sandi Akan Terjunkan Peneliti Muda ke Setiap Kelurahan

KONFRONTASI - Kepada para pendukungnya, Cagub Anies Baswedan dan Cawagub Sandiaga Uno selalu menekankan bahwa pilkada bukan hanya peristiwa politik semata namun juga merupakan ajang budaya, pendidikan, dan bahkan festival gagasan.
 
Kepada relawan diharapkan agar dari proses Pilkada bukan hanya diperoleh suara yang memenangkan, akan tetapi juga ide-ide kreatif dalam mengatasi persoalan-persoalan komunitas. Oleh karena itu  perlu didorong inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas partisipasi warga dan pada saat bersamaan diseminasi pengetahuan baru berdasarkan pengalaman praktis di lapangan.
 
Saat ini, relawan Anies-Sandi tengah mempersiapkan penerjunan relawan peneliti muda untuk melakukan riset partisipatif. Tugas utama Relawan Peneliti Muda ini adalah mengadakan riset tentang problem-problem pokok komunitas. Harapannya problem-problem riil komunitas, yang berakar pada kemiskinan, kesenjangan, keterbelakangan dan penurunan daya dukung lingkungan dapat diangkat melalui riset-riset para peneliti muda ini.
 
Koordinator Relawan Anies-Sandi M Chozin Amirullah menyampaikan bahwa nantinya hasil-hasil riset terbaik akan dipublikasikan melalui berbagai media yang ada seperti buku, jurnal, website, blog, dan bahkan video-video singkat-tematik.

Lebih lanjut, Chozin saat ditemui di Rumah Relawan Pendopo Jl. Panglima Polim, Kebayoran Baru menjelaskan kegunaan penelitian oleh Relawan Peneliti Muda tersebut, "Hasil-hasil penelitian akan menjadi bahan kajian bersama komunitas, dan menjadi salah satu bahan pokok perencanaan komunitas, serta pada nantinya bahan kebijakan pemerintah DKI Jakarta."
 
Saat ditanya bagaimana menggerakkan para peneliti muda tersebut, Chozin berjanji akan mengusulkan agar ada skema bantuan dana riset bagi peneliti-peneliti muda. "Ini memang bukan pekerjaan ringan, bayangkan ada 267 kelurahan dan 2900-an RW di DKI Jakarta ini. Jika cakupan penelitiannya level kelurahan, maka diperlukan setidaknya 267 Relawan Peneliti Muda. Jika cakupan penelitiannya lebih ke bawah lagi yaitu sampai level RW maka diperlukan rekruitmen sekitar 2900 Relawan Peneliti Muda dalam waktu dekat ini bukan?", ungkap mantan aktivis mahasiswa '98 tersebut.

Diharapkan kebijakan-kebijakan yang dilahirkan berdasarkan hasil riset langsung ke lapangan adalah kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada hak-hak warga Jakarta. Di bawah kepemimpinan Anies-Sandi, diharapkan kebijakan-kebijakan untuk Jakarta adalah yang bersifat partisipatif dan saintifik.[ian]

Category: 

Berita Terkait

Baca juga


Loading...