25 November 2017

Pengamat Yakin DPR Setuju Badrodin Haiti Kapolri

KONFRONTASI - Kalangan pengamat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pegiat parlemen meyakini DPR akan menyetujui pengajuaan nama baru Kapolri yakni Komjen Pol Badrodin Haiti (BH) menggantikan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) yang batal dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebab, DPR melalui Ketua DPR, Setya Novanto dan pimpinan Komisi III DPR  beberapa waktu lalu sudah menyatakan bahwa akan menghormati keputusan Jokowi terhadap masalah Kapolri ini.

"Nampaknya DPR akan menerima BH sebagai calon kapolri usulan Presiden karena mereka (DPR) sudah bilang menghormati apapun keputusan Jokowi," kata Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Hasyim Asy'ari kepada Harian Terbit, Jumat (20/2/2015).

Dia menjelaskan, berdasarkan UU Kepolisian bahwa pengajuan Calon Kapolri dari presiden harus mendapatkan persetujuan dari DPR yang selanjutnya akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR. Namun, saat ini karena DPR sedang memasuki masa reses sampai 23 Maret mendatang, maka nama baru Calon Kapolri ini baru dibahas setelah reses tersebut.

DPR pun sampai saat ini belum menerima surat atau Keputusan Presiden (Keppres) terkait pembatalan BG sebagai Kapolri dan menunjuk BH sebagai nama calon Kapolri baru.

"Jadi Jokowi tidak melantik BG kemudian mengajukan BH sebagai Calon Kapolri baru, tidak melanggar UU karena DPR ini hanya diminta pertimbangan. Sementara, pelantikannya itu menjadi hak preogratif presiden," jelasnya.

Karena sudah berdasarkan peraturan perundang-undangan, tegasnya, dipastikan tidak akan ada penolakkan dari DPR terhadap BH sebagai Kapolri. Ditambah, Jokowi-Jusuf Kalla (JK) sudah melakukan loby-loby politik terhadap seluruh partai yang ada di DPR. "Hampir tidak ada penolakan, semua pimpinan partai sudah diloby dan sudah beres oleh Jokowi-JK," ujarnya.(Juft/Hanter0

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...