23 May 2018

Pengamat: Reshuffle Kabinet Jokowi Akan Pakai Jurus 'Mabok'

Konfrontasi - Presiden Joko Widodo diyakini akan kembali melakukan perombakan kabinet. Pasalnya kabinet kerja yang saat ini terbentuk bukan seperti yang Jokowi harapkan.

“Kabinet yang terbentuk bukan kabinet yang diharapkan. Tapi pelan-pelan dia bisa masukkan orang yang diharapkan, misal Luhut Panjaitan (Menko Polhukam),” ujar Direktur IndoBarometer, Mohammad Qodari, dalam diskusi bertema “Reshuffle (Jadi) Lagi?” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/3/2016).

Qodari menyebut Presiden akan menggunakan langkah-langkah yang cerdik untuk memperkuat posisi politiknya di kabinet. Pasalnya saat ini kabinet lebih banyak dipilih berdasakan komposisi partai pendukung.

“Dia (Jokowi) cerdik secara politik. Dia boleh kelihatan naif, tapi sebetulnya jurus-jurus politiknya tidak linier. Dia pakai jurus mabok juga ini,” ujarnya.

Seperti diketahui wacana akan dilakukanya evaluasi kinerja menteri sempat dikatakan oleh Luhut Pandjaitan. Informasi yang dihimpun menyebut perombakan kabinet saat ini terkendala pada belum jelasnya waktu pelaksanaan Munas Partai Golkar.

Presiden diyakini akan memasukkan kader Golkar dalam kabinet untuk memperkuat posisi politisk di parlemen. Namun pasca putusan penolakan kasasi kubu Agung Laksono pelaksanaan Munas kembali tidak jelas kapan akan diselenggarakan. (akt/mg)

Category: 
Loading...