25 November 2017

Pengamat: Kepala Daerah Berpotensi Jadi Capres

Konfrontasi - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak mulai Desember 2015, bisa memunculkan potensi menjadi calon presiden.

"Beberapa figur kepala daerah sudah muncul, bahkan digadang-gadang bakal menjadi pemimpin nasional," kata Hendri kepada Antara di Jakarta, Rabu (29/4).

Hendri menambahkan Pemilihan langsung kepala daerah telah memperlihatkan kemajuan Indonesia dalam berdemokrasi.

Meski banyak kepala daerah yang terlibat sejumlah kasus, ujar Hendri, banyak pula figur yang dianggap sukses mengembangkan daerahnya.

"Kami telah berdiskusi tentang calon pemimpin masa depan dari kepala daerah, namun kami ingin mengetahui pendapat publik melalui survei," tuturnya.

Menurut Hendri, Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada 27 April 2015 ihwal nama-nama yang dianggap layak menjadi calon pemimpin nasional nanti.

KedaiKOPI menilai kepala daerah berdasarkan kinerja seperti indikator ekonomi daerah yang berkembang pesat, inovasi dalam pembangunan daerahnya, kepopuleran dan indikator lainnya.

Ada lima nama yang berpeluang mendapat dukungan menjadi calon Presiden, yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Gubernur Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng), Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung) dan Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya). (akl/ar)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...