17 November 2019

Peluang Prabowo-Sandi Menang di MK Cukup Besar

KONFRONTASI - Analis Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah mengapresiasi langkah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK) 

Menurutnya peluang kemenangan BPN dalam sengketa itu masih terbuka, selama mampu menghadirkan bukti konkret dalam persidangan.

“Kita apresiasi untuk BPN yang gunakan jalur konstitusional, setidaknya ini menandakan BPN masih percaya keadilan hukum di negara ini,” kata Dedi, Senin (27/5).

Dedi menambahkan, persidangan itu memerlukan dua hal yakni realitas hukum dan fakta hukum. Realitas adalah apa yang benar-benar terjadi di lapangan, sementara fakta adalah bukti dipersidangan.

“Ketika dua hal ini berhasil dibawa BPN, maka peluang menang cukup besar, tentu berlaku sebaliknya,” ujar Dedi.

Meski demikian, Dedi berpendapat, tujuh tuntutan BPN dinilai sangat berat yakni mengadakan Pemilu ulang lantaran perlu biaya dan menguras energi yang sangat luar biasa.

Di sisi lain, Dedi menangkap ada yang kurang cermat dalam aduan BPN, lantaran mereka hanya fokus pada upaya keberatan dari kecurangan teknis Pemilu.

“Padahal kecurangan itu banyak ragamnya, semisal money politic, dan lainnya,” demikian Dedi.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...