25 May 2019

Partai Golkar: Semua Pihak Harus Mengapresiasi Langkah Rizal Ramli

KONFRONTASI - Anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengapresiasi gebrakan Menko Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli.

Pernyataan Rizal Ramli yang meminta Menteri BUMN membatalkan pembelian Airbus A-350, merupakan peringatan kepada Garuda yang merupakan badan usaha milik negara bahwa keputusan tersebut akan berdampak pada keuangan negara bila investasi tidak tepat sasaran.

Pernyataan itu sekaligus mengingatkan" bread an butter" Garuda pada penerbangan domestik.   

"Pesawat A350 berbadan lebar teknologi terkini merupakan penerbangan jarak jauh atau penerbangan internasional yang persaingannya cukup ketat. Pemainnya Qatar Airlines, SQ, Etihad, Emirat, Cathay, Eva yang secara kompetitif lebih efficient untuk menarik penumpang," kata anggota Fraksi Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam rilis yang diterima, Senin (17/8).
 
Karena itu, kata Airlangga, langkah preventif yang dilakukan Menko Rizal Ramli sudah cukup tepat, dalam rangka melakukan efisiensi anggaran negara. Semua pihak harus mengapesiasi langkah Rizal Ramli.

Untuk pembelian 30 unit pesawat Airbus A350 dengan harga 245 juta dolar per unit dan perlu Rp 99 triliun, dan menurut rencana, pembiayannya melalui China Avition Bank. Karena, kata Airlangga, bank dalam negeri tidak bisa membiayai pinjaman jangka panjang ditambah tingkat suku bunga yang tidak kompetitif. Skema pembelian unik barang Eropa dibeli dengan pembiayaan China, di tengah neraca Garuda yang merugi Rp 4,87 triliun akhir 2014 dengan modal sebesar Rp 10 triliun. Pembelian akan memerlukan jaminan keuangan negara.

Menurut Airlangga, pinjaman luar negeri memang cukup beresiko kerugian, seperti pernah terjadi pada Merpati Airlines.  Saat itu Merpati juga menggunakan bank yang sama-sama dari Bank China juga.

"Kalau pinjaman menggunakan jaminan pemerintah, maka beresiko pemerintah menanggung kerugian seperti yang dialami Merpati," demikian Airlangga.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...