26 May 2018

Panwaslu Jamin Pilkada Sorong Selatan Aman

Konfrontasi - Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat menjamin pelaksanaan pilkada pada 9 Desember 2015 aman.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sorong Selatan Manase Tigori di Sorong, Selasa (8/12) menjamin proses pemungutan suara di 11 distrik Sorong Selatan berjalan lancar dan aman.

Dia mengatakan, KPU sebagai lembaga penyelenggara Pilkada sudah melaksanakan tahapan-tahapan pilkada dengan baik dan berjalan aman.

Aparat kepolisian, TNI serta panwaslu akan melaksanakan pengawasan Pilkada Sorong Selatan agar berjalan lancar, aman dan sesuai aturan.

Dia berharap seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong Selatan menjaga keamanan dan tidak melakukan hal-hal yang menciptakan konflik Pilkada.

Dikatakan, berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya ada beberapa daerah yang dianggap rawan konflik antara lain Distrik Kokoda, Kokoda Utara, Inanwatan, Metemani dan Distrik Kais namun Kepolisian maupun TNI sudah membangun komunikasi baik dengan masyarakat setempat.

"Surat suara Pilkada sudah didistribusikan ke 11 distrik Kabupaten Sorong Selatan dikawal oleh panwaslu dan kepolisian," ujar dia.

Ditambahkan, ada lima pengaduan yang diterima oleh Panwaslu terkait perselisian pasangan calon saat kampanye namun sudah diselesaikan dengan baik sehingga panwaslu menjamim pelaksanaan pilkada daerah ini aman terkendali. (rol/ar)

Category: 
Loading...