14 October 2019

Oh Pak Ahok Taat Hukum Koq , Sebut I Wayan Sudirta Terkait Kasus Reklamasi

KONFRONTASI -  Kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), I Wayan Sudirta, mengatakan belum mendapatakan pemberitahuan terkait rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan memanggil kliennya untuk dimintai keterangan dalam kasus suap reklamasi.

Wayan mengatakan sebagai kuasa hukum belum mengetahui rencana pemanggilan Ahok itu. “Belum mendengar. Belum cerita belum dengar saya juga belum tahu apakah ada surat itu atau belum,” katanya saat dihubungi, Senin (6/11/2017).

Wayan mengatakan telah mendapatkan pemanggilan resmi dari KPK, hal itu akan didiskusikan dengan Ahok. Namun Wayan memastikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan memenuhi proses hukum yang berjalan.

“Pak Ahok kan orang taat hukum, nanti kalau ada pemanggilan kita rundingkan. Pada prinsipnya kan Pak Ahok ini orang taat hukum. Sangat menghargai proses, prosedur hukum,” tandas Wayan.

Saat ini Ahok tengah menjalani masa hukuman penjara di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Ahok dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara melakukan tindak pidana penistaan agama. Dalam kasus tersebut Ahok dihukum dua tahun penjara.

Sebelumnya, KPK mengisyaratkan memeriksan mantan Gubernur Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Ini dilakukan menyusul menguatnya dugaan praktek suap di proyek reklamasi Teluk Jakarta,

Dugaan tersebut terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP) atau Raperda Reklamasi. “Kalau penyidik atau penyelidik kami menganggap itu penting, maka siapapun yang dianggap mengetahui akan dipanggil untuk dimintai keterangan,” tegas Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif, Minggu (5/11/2017).

Adapun penyelidikan KPK terhadap adanya dugaan suap izin reklamasi Teluk Jakarta baru diketahui setelah pada Jumat (27/10) memanggil Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah. Kali ini, lembaga antirasuah tengah mendalami keterlibatan korporasi di kasus suap pembahasan Raperda Reklamasi tersebut. (KONF/PKT)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...