10 December 2019

Munas Golkar harus Melahirkan Konsep Baru

KONFRONTASI - Pelaksanaan Musyawarah Nasional sebagai rekonsiliasi partai harus memenuhi dan mencerminkan empat hal baru. Menurut Wakil Sekjen DPP Partai Golkar hasil Munas IX Riau Ahmad Doli Kurnia, pertama adalah konsensus baru yang lahir atas semangat rekonsiliasi, dan terbangunnya kebersamaan kembali dengan didasari kebesaran jiwa dan kejujuran dari semua pihak yang bertikai selama ini

"Situasi itu harus diikuti dengan adanya kompromi-kompromi politik selama proses persiapan maupun saat Munas dilaksanakan, khususnya pada penetapan panitia dan peserta Munas," ujar Doli saat dihubungi, Jumat (12/2).

Kedua, Munas harus melahirkan komitmen baru yang mengedepankan kepentingan partai di atas segala kepentingan. Selain itu, Munas harus ada komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang terjadi dalam mengelola organisasi selama ini serta adanya komitmen baru untuk menghilangkan praktik politik uang, politik transaksional, dan intimidatif dalam kehidupan berpartai.

"Ketiga, Munas juga harus melahirkan Konsep baru dalam menata organisasi. Penegasan visi baru partai yang menempatkan Partai Golkar menjadi partai inklusif, terbuka, dan aspiratif menjadi agenda penting di dalam Munas," jelas Doli.

Kemudian, dalam unsur keempat, Munas kali ini juga harus melahirkan generasi kepemimpinan baru. Kepemimpinan yang memiliki karakter dan tidak semata mengandalkan uang sebagai kekuatan, serta kepemimpinan yang lebih fresh, muda, energik, dan bebas konflik.

"Kepemimpinan dan kepengurusan ke depan juga harus diisi dengan kader-kader yang lahir berdasarkan merit system. Dari sistem itu akan muncul kader yang memiliki track record dan pengalaman organisasi tinggi dan tentu sudah memenuhi unsur PD2LT (Prestasi, Dedikasi, Disiplin, Loyalitas, danTidak Tercela) sebagaimana tertera dalam AD/ART," beber Doli.

Inisiator Generasi Muda Partai Golkar itu menambahkan, penyelesaian konflik dan penyatuan kembali melalui Munas April atau Mei yang akan datang adalah momentum untuk menumbuhkan harapan baru kepada masyarakat.

"Untuk itu, Munas kali ini sedikitnya harus memenuhi dan mencerminkan empat hal tersebut," pungkas Doli.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...