20 March 2019

KPK Ingatkan Capres Cawapres dan Caleg Lapor Harta Kekayaan

KONFRONTASI -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta dua pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan seluruh harta kekayaanya.

"Iya itu dilaporkan. Apakah memiliki saham atau obligasi atau aset surat lain perusahaan mana dan didukung dengan bukti kepemilikan. Ini logikanya sama dengan aset tanah didukung dengan bukti pelaporan kekayaan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jln Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/2).

Kewajiban untuk menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) disambung Febri juga sebenarnya bukan hanya dikhususkan untuk calon presiden, tapi juga seluruh caleg yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2019.

"Karena itu memang sudah diatur Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 dan kemudian aturan turunan di peraturan internal KPK," sambungnya.

Oleh itu Febri mengingatkan kepada dua pasangan capres-cawapres serta seluruh caleg yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2019 untuk segera menyetorkan LHKPN ke KPK.

"Kami ingatkan juga sekaligus karena waktunya tinggal sekitar satu bulan lebih ya. Satu bulan lebih satu minggu bagi seluruh penyelenggara negara di Indonesia untuk melaporkan kekayaan periodik 2018. Jadi, ‎kekayaan selama 2018 tersebut batas waktu pelaporannya adalah 31 Maret 2019," pungkasnya.(Jft/Skalanews)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...