7 December 2019

Konsolidasi di Rumah SBY, KMP Solid Balik Badan Dukung Pilkada Langsung

KONFRONTASI -  Sejumlah partai politik yang tergabung Koalisi Merah Putih alias KMP  yang dulunya begitu tegas menolak pilkada langsung, kini balik badan. Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto, Hatta Rajasa, Suryadharma Ali, tadi siang menemui SBY di Cikeas. Mereka mendukung Perppu Pilkada Langsung. Tinggal PKS saya yang masih ngotot mau menolak. Dalam pertemuan itu, partai-partai KMP diwakili oleh para dewa” masing-masing. Kecuali PKS yang hanya mengutus pimpinan harian. 

Dari Demokrat ada Ketua Umum Pak SBY didampingi Ketua Harian Pak Syarief Hasan, Sekjen Mas Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono), dan Waketum Pak Agus Hermanto. Dari Golkar Ketua Umum Pak ARB dan Sekjen Idrus Marham. Dari Gerindra Ketua Umum Pak Prabowo dan Waketum Pak Fadli Zon. Dari PAN Ketua Umum Pak Hatta Rajasa. Dari PPP Pak Suryadharma Ali dan Ketua Umum Pak Djan Farid. Hanya dari PKS diwaliki Pak Aboe Bakar Alhabsy. Karena Presiden PKS Mas Anies Matta sedang berada di luar negeri,” ucap Sekjen Golkar Idrus Marham Kamis (11/12)

Kata Idrus, tujuan utama pertemuan itu adalah untuk konsolidasi agar semakin solid. Namun, memang dibahas juga mengenai sikap-sikap parpol di KMP terhadap Perppu Pilkada Langsung.

Untuk dari Golkar, pertemuan itu dijadikan media untuk menjelaskan kronologis munculnya rekomendasi menolak Perppu Pilkada Langsung dalam Munas Golkar di Bali. Namun, dengan sudah adanya kesepatan antara KMP dan Demokrat, Golkar pun ikut mendukung Perppu itu.

Meski ada rekomendasi (menolak Perppu), kami menyerahkan keputusan ke KMP. Kami mengedepankan keputusan bersama,” ucap Idrus.

Idrus melihat, dalam pertemuan itu, semua pimpinan parpol koalisi sudah satu hati. Hal itu terlihat saat acara jamuan makan siang yang dihidangkan keluarga SBY. Makanannya enak-enak. Ada gulai dan sate kambing. Ada gado-gado. Semua makannya banyak. Saya sendiri nambah sampai dua kali. Itu pertanda suasana hati sedang bagus, pikiran bagus, dan semua solid,” tuturnya.

Waketum Gerindra Fadli Zon mencoba berkelit. Kata Wakil Ketua DPR ini, sejak awal KMP memang sudah komitmen untuk mendukung Perppu Pilkada Langsung yang ditandatangani SBY sewaktu masih menjabat presiden. Kita kan sudah ada kesepakatan. Jadi nggak ada masalah,” ucapnya.

Fadli memprediksi, dengan solidnya sikap KMP, Perppu tersebut akan lolos jadi undang-undang tanpa harus ada voting di DPR. Kita lihatlah nanti dalam pembahasan di DPR. Tapi, kalau menurut pantauan saya sih nggak ada masalah,” tandasnya.[rm/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...