24 August 2019

Kenapa Publik Tak Tahu Golkar dan Nasdem Dukung Jokowi?

KONFRONTASI - Hasil Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebutkan mayoritas publik tidak mengetahui sikap politik Partai Golkar mendukung Jokowi.

"Sebanyak 83,5 persen responden menyatakan tidak tahu. Hanya 16,5 persen yang menyatakan mendengar informasi Golkar menegaskan dukungan kepada Joko Widodo sebagai calon presiden," ujar Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi di kantor IPI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Survei dilakukan pada 25-31 Maret 2018 melibatkan 1.200 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei plus minus 2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%. Populasi survei adalah warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih, yakni yang sudah berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari 16,5 persen yang mengetahui informasi Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto mendukung Jokowi, sebut Burhanuddin, sebanyak 80 persen menyatakan setuju, 12 persen menyatakan tidak setuju dan 8 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Tak jauh berbeda dengan dukungan Partai Nasdem kepada Jokowi. Mayoritas responden menyatakan tidak tahu dengan sikap politik Partai Nsdem.

"69,2 persen menyatakan tidak tahu, hanya 30,8 persen yang menyatakan mengetahui, dan mayoritas yang mengetahui informasi itu setuju dengan langkah Partai Nasdem," ucap Burhanuddin.

Ketika ditanyakan apakah responden mengetahui slogan 'NasDem Partaiku, Jokowi Presidenku'? Hasilnya, sebanyak 80,6 persen menyatakan tidak tahu.

"Hanya 19,4 persen yang mengetahui slogan itu," tutup Burhanuddin.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...