21 November 2018

'Jalan-jalan' ke AS, Ini Jumlah Anggaran yang Dihabiskan DPR

KONFRONTASI-Berbagai pihak melayangkan kritik pedas atas kunjungan luar negeri ke Amerika Serikat ala pimpinan DPR beserta rombongan. Kritik di antaranya datang dari lembaga FITRA (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran). Menurut Sekertaris Jenderal FITRA, Yenny Sucipto, rincian biaya perjalanan ini tak transparan.

"DPR, melalui sekjennya, bahkan tidak menjelaskan tujuan perjalanan dinas beserta semua anggarannya," kata dia melalui siaran pers yang diterima, Sabtu, 5 September 2015.

Karena itu, lembaganya telah mengkaji dana perjalanan dinas ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Standar Tentang Biaya Masukan 2015. Anggaran ini termasuk biaya tiket, uang saku, dan hotel untuk sembilan anggota rombongan selama 12 hari.

Berikut biaya yang diperkirakan:
1. Biaya pesawat ke Amerika Serikat sebesar US$ 14.428 untuk satu kali perjalanan per orang.
2. Uang saku harian sebesar US$ 527 untuk setiap anggota DPR perhari.
3. Biaya hotel sebesar US$ 1.312,02 per malam.

Total biaya: Rp 4,63 miliar

"Bahkan, kami menduga anggaran bisa lebih besar dari Rp 10 miliar karena adanya berbagai tunjangan," kata Yenny.

Selain itu, Yenny menilai anggaran ini berpotensi adanya kemahalan harga (mark up) karena sistem lump sum. Apalagi, saat ini nilai tukar dollar sedang naik. Berbagai foto yang tersebar di media sosial antara pimpinan DPR dengan calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump, juga dianggap memalukan.

"Ini bentuk pemborosan negara. FITRA akan menagih akuntabilitas anggaran ini seusai mereka pulang," kata Yenny.[mr/tmp]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...