16 December 2017

Jakarta Jadi Kota Wisata Belanja Terbesar di Asia

KONFRONTASI -   Jumlah pusat perbelanjaan yang terus bertambah kini sudah mencapai lebih 86 mall yang menawarkan berbagai produk-produk berkualitas internasional. Tidak heran, Jakarta kini menjadi maskot perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Data yang dihimpun Disparbud DKI Jakarta (Bidang Pengkajian dan Pengembangan tahun 2014) menunjukkan, pertumbuhan sarana dan prasarana wisata di Megapolitan Jakarta melaju pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini di Jakarta tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi yang menyajikan lebih dari 19 jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman keceriaan dan kenyamanan bagi wisatawan lokal, maupun mancanagera.

Tidak heran jika arus wisatawan ke Jakarta tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Pada 2014 lalu, wisatawan domestik ke Jakarta mencapai lebih dari 31 juta orang dan wisman sebanyak 2,3 juta orang. Rata-rata pertumbuhan wisatawan ke Jakarta sekitar 7%-10% per tahun.

Diprakarsai oleh Disparbud DKI, Jakarta Tourism Expo (JTE) yang akan melibatkan para stakeholder industri pariwisata Jakarta dan biro perjalanan lokal telah dilaksanakan sejak 2008 lalu sebagai upaya menggalakkan wisatawan domestik. Tidak hanya itu, JTE juga bertujuan untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi wisata yang tidak kalah dibandingkan daerah lain di Indonesia dan kota besar lainnya di Asia," tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Purba Hutapea. Pada tahun ini JTE akan dilaksanakan di 5 kota yaitu Medan, Makassar, Pontianak, Surabaya dan Balikpapan.

Purba Hutapea menambahkan, "Pemilihan 5 kota dimana JTE 2015 akan diselenggarakan dipilih karena masyarakat di kota tersebut serta daerah sekitarnya kami ketahui sering berkunjung ke Jakarta, baik untuk belribur atau mengunjungi sanak keluarga. Karena itu, melalui paket-paket wisata ini kami tawarkan berbagai kemudahan, termasuk biaya yang terjangkau."

Acara JTE 2015 di Medan melibatkan hingga 30 industri pariwisata dari Jakarta dan 6 biro perjalanan wisata lokal. Termasuk didalamnya adalah maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Citilink, pengelola hotel Jakarta bintang 2 sampai 5, perusahaan biro perjalanan wisata Jakarta, juga hadir pengelola objek-objek wisata menarik di Jakarta, seperti Kidzania, Taman Margasatwa Ragunan, UKM, Pusat perbelanjaan Tanah Abang, Thamrin City, dll.

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo menjelaskan, "Tersedia Paket Khusus JTE selama September 2015 hingga akhir November 2015 mendatang, baik untuk menikmati wisata sesuai dengan branding Enjoy Jakarta yaitu Enjoy Shopping, Enjoy Business, Enjoy Kuliner, Enjoy Nightlife, Enjoy Golf, Enjoy Marine Tourism, Enjoy Spa dan Enjoy Heritage Jakarta dengan harga terjangkau. Yang jelas, semuanya ditawarkan kepada masyarakat pengunjung JTE 2015 ini," katanya.

Khususnya pada JTE 2015 kota Medan, pengunjung bisa mendapatkan paket menarik seperti Paket Fly and Bed mulai dengan harga Rp. 1.960.000/orang termasuk tiket pesawat Sriwijaya Air atau Citilink (Medan-Jakarta-Medan) dan Akomodasi 1 (satu) malam (twin sharing) termasuk sarapan pagi.

Paket Fly and Fun juga akan ditawarkan dengan harga mulai Rp 1.900.000/orang termasuk tiket pesawat Sriwijaya Air atau Citilink (Medan-Jakarta-Medan) dan tiket gratis masuk Gondola Taman Impian Jaya Ancol untuk satu orang berikut voucher White Horse Executive Taxi.

Selain itu, ada juga Paket Edu and Fun mulai dengan harga Rp. 2.290.000,-/orang, termasuk tiket Sriwijaya Air/Citilink (Medan-Jakarta-Medan), voucher White Horse Executive, akomodasi menginap 2 (dua) malam di hotel berbintang (twin sharing) plus makan makan pagi, serta voucher Kidzania.

Paket menarik lainnya yang ditawarkan adalah Jakarta Museum Trip dengan harga mulai mulai Rp. 2.190.000/orang sudah termasuk tiket Sriwijaya Air/Citilink (Medan-Jakarta-Medan), dan menginap 2 (dua) malam di hotel berbintang (twin sharing) plus makan makan pagi, voucher Taxi Blue Bird, berikut voucher masuk Museum Nasional dan Museum Wayang.

Bagi para pencinta musik, tersedia pula paket khusus Jakarta Music Festival yang akan berlangsung pada akhir Oktober di Ancol dengan harga mulai Rp. 2.150.000/orang, termasuk tiket Sriwijaya Air/Citilink (Medan-Jakarta-Medan), menginap 2 (dua) malam di hotel berbintang (twin sharing) plus makan makan pagi, dan tentunya tiket Jakarta Music Festival termasuk antar jemput pintu masuk Ancol.

Hari Wibowo juga menjelaskan, dalam pameran JTE 2015 masyarakat pengunjung bisa mendapatkan paket wisata murah terintegrasi yang dikemas dalam bentuk One Hour Crazy Sale. Paket menarik yang ditawarkan termasuk tiket pesawat Sriwijaya Air dengan harga Rp. 1.500.000,-/orang (PP), voucher menginap di hotel berbintang mulai dari harga Rp. 99.000,- termasuk breakfast dan diskon hingga 50% tiket masuk Kidzania dan Gondola Ancol. Selain itu, paket wisata menarik lainnya yang dikemas dengan mengunjungi obyek-obyek wisata ternama dan menginap di hotel berbintang juga bisa diperoleh pengunjung dengan harga yang sangat menarik.

Untuk menyemarakan acara, juga akan ditampilkan berbagai hiburan musik dari Artis Ibu Kota dan tari-tarian, serta Kerak Telor yang merupakan jajanan khas Jakarta. Kegiatan pameran juga akan diramaikan oleh Pawai Lenggang Jakarta, Lelang Liburan Jakarta dan Kembang Kelapa Keberuntungan dimana para pengunjung yang melakukan transaksi ditempat bisa mendapatkan kesempatan meraih hadiah hiburan. Seluruh kemeriahan Wisata Jakarta ini akan berlanjut ke 4 (empat) kota besar lainnya yaitu Makassar, Pontianak, Surabaya, dan Balikpapan.

Sebelum pameran berlangsung, pihaknya juga akan memfasilitasi digelarnya Table Top dan Dinner Gathering. Dalam event ini, para pelaku industri pariwisata Jakarta yang ikut serta dalam JTE 2015 akan bertemu dengan biro perjalanan wisata setempat.

"Table Top yang merupakan forum bisnis untuk mempertemukan para pelaku industri pariwisata Jakarta dengan para biro perjalanan wisata setempat. Lewat acara ini kami harapkan kemitraan, serta hubungan bisnis antara pelaku industri pariwisata Jakarta dan biro perjalanan wisata lokal makin meningkat sehingga menguntungkan bagi usaha kedua pihak," ucap Hari.

Menurutnya, paket wisata yang ditawarkan peserta JTE 2015 bisa lebih murah karena masing-masing peserta bekerjasama dan bersinergi dan masing-masing memberikan harga promo kepada masyarakt konsumen. "Inilah salah satu keuntungan melakukan perjalanan wisata melalui sistem paket dan ini juga menjadi tren di dunia pariwisata wisata internasional," tutur Hari (Juft/PR)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...