17 September 2019

Ini Pandangan Anies Soal Pola Komunikasi Antara Kepala Daerah dan DPRD

KONFRONTASI-Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan pandangannya soal pola komunikasi yang harus dibangun antara kepala daerah dengan dewan. DPRD menurut Anies harus dirangkul ketika membahas rancangan APBD tanpa mengorbankan prinsip.

"Yang sering terjadi bukan perdebatan kepentingan satu-dua orang. (Kalau) itu di mana-mana terjadi, yang menjadi masalah bagaimana pemimpin bisa merangkul, mendekati DPRD dengan rasa hormat, bicara baik-baik, tidak mengorbankan prinsip dan transparansi menyampaikan kepada publik," ujar Anies dalam debat final bertemakan "Dari Masyarakat untuk Jakarta", di Hotel Bidakara Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017)

Komunikasi menjadi kunci mulusnya pembahasan anggaran tanpa perlu mengakomodir permintaan 'kompensasi' sebagai syarat diketoknya anggaran. Gubernur saat mengajukan anggaran menurut Anies harus bisa memaparkan pentingnya anggaran untuk program kesejahteraan warga.

"Sebagai gubernur yang berinteraksi dengan DPRD, prinsip utama dalam menyusun APBD, RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) aspirasi warga yang terkait. Dalam proses penyusunan transparansi, komunikasi, saling menghormati," imbuh Anies.[mr/dtk]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...