31 March 2020

Indometrik: Anies-Sandi Miliki Pemilih Loyal Lebih dari 90 Persen

KONFRONTASI-Hasil elektabilitas survei Eksekutif Indometrik menunjukan pasangan Anies-Sandi memiliki strong voter (pemilih loyal) yang sudah mantap menjatuhkan pilihannya kedua pasangan ini melebihi angka 90 persen.

"Yang mantap memilih Anies-Sandi dari hasil elektabilitas 48,40 persen ini sebesar 92,76 persen. Kemungkinan perubahan suara hanya 4,87 persen. Sementara yang mantap memilih Ahok-Djarot dari angka elektabilitasnya 46,17 persen itu sebesar 91,85 persen. Kemungkinan perubahannya 5,05 persen," papar Direktur Eksekutif Indometrik, Husein Yazid, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2017).

Melihat angka pemilih loyal tersebut, lanjut Husein dapat disimpulkan bahwa pengaruh atau ajakan elit politik terhadap konstituen tidak berpengaruh signifikan lagi. Sebab konstituen sudah menyadari sendiri terhadap partisipasi politiknya dan lebih melihat sosok figur dari Anies-Sandi maupun dari Ahok-Djarot sendiri.

"Angkanya 62,24 persen yang menjawab tidak ada pengaruh dari ajakan elit politik. Ini menunjukkan figur pasangan memiliki peranan penting dalam menentukan pilihan dari pemilih pada putaran kedua kali ini," ulasnya.

Alasan konstituen menjatuhkan pilihan karena Anies-Sandi didominasi oleh dua faktor besar yakni keinginan akan perubahan (20 persen) dan program kerja yang dinilai bagus (13,3 persen). Sementara untuk pasangan Ahok-Djarot didominasi keinginan pemilihnya untuk melanjutkan program yang sudah berjalan (35,48 persen) dan penilaian pemilihnya akan kinerja yang sudah bagus (12,9 persen).

Kendati pasangan Anies-Sandi unggul 2,3 persen angka elektabilitasnya, kata Husein hasil Pilkada survei ini belum sepenuhnya menentukan, sehingga masih sangat dinamis hingga 19 April 2017 mendatang.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...