19 July 2019

Dua Pasangan Calon Pilkada Bangka Tengah Laporkan Dana Kampanye

Konfrontasi - Dua pasangan calon kepala daerah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung yakni Patrianusa Sjahrun-Habibullah dan Erzaldi Rosman-Ibnu Saleh sudah melaporkan dana kampanye tahap dua kepada Komisi Pemilihan Umum.

Komisioner KPU Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Senin (23/11) mengatakan laporan dana kampanye tertinggi adalah pasangan Erzaldi Rosman-Ibnu Saleh sebesar Rp89.750.000 dan pasangan Patrianusa Sjahrun-Habibullah Rp20.000.000.

"Laporan dana kampanye tersebut kami terima untuk periode 27 Agustus hingga 16 Oktober 2015 dan angka tersebut bisa saja bertambah karena masa kampanye masih berlangsung," ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2015 tentang dana kampanye bahwa sumbangan dana kampanye boleh berasal dari perorangan, kelompok dan badan swasta.

"Namun demikian, sumbangan dari pihak luar ada batasannya sesuai Peraturan KPU Nomor 8 Pasal 7 yaitu untuk jumlah sumbangan maksimal perorangan sebesar Rp50 juta dan sumbangan kelompok atau badan swasta maksimal Rp500 juta," jelasnya.

Ia menjelaskan, pasangan Patrianusa Sjahrun-Habibullah hanya menerima sumbangan dari satu orang saja sementara pasangan Erzaldi Rosman-Ibnu Saleh menerima sumbangan dari pihak lain.

"Jika sumbangan dari pihak luar itu lebih dari ketentuan yang ditetapkan, maka kelebihan tersebut akan dikembalikan ke kas negara," ujarnya.

Kedua pasangan calon tersebut diusung dan didukung partai politik koalisi yang memperoleh kursi di DPRD. (rol/ar)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...