12 November 2019

Capim KPK Tersangka: Komjen Buwas Omdo?

KONFRONTASI - Anggota Komisi III DPR, Didik Mukriyanto, meminta pihak kepolisian bersikap proporsional dalam penegakan hukum. Polisi jangan sampai hanya beropini yang membuat Indonesia gaduh.

Pernyataan Didik Mukriyanto ini terkait pernyataan Kabareskrim Komjen Budi Waseso bahwa ada calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ada yang tersandung masalah pidana dan dugaan korupsi. Bahkan salah satunya sudah berstatus tersangka tindak pidana.

"Saya berharap basis penegakan hukum harus berdasar kepada hukum yang berlaku, di samping subtansi deliknya juga didasarkan kepada alat bukti yang substansi. Dan akan lebih bijak apabila penegakan hukum dilakukan secara proporsional tanpa didahului dengan opini," ujar Didik saat dihubungi Minggu (30/8).

Meski demikian, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu mendukung kepolisian untuk membantu menyisir capim KPK yang tersandung masalah hukum.

Sebab capim KPK mesti memiliki rekam jejak yang baik selain memiliki integritas, kapasitas dan kapabilitas dalam memimpin lembaga anti rasuah. Karena permasalahan yang ditangani KPK adalah persoalan hukum yang extraordinary.

"Rekam jejak yang sangat prima dan tidak tercela menjadi pertimbangan khusus agar Capim KPK kedepan tidak tersandera oleh kemungkinan persoalan-persoalan masa lalu mereka," pungkasnya. [rm/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...