19 January 2020

ARB Kembali Ketum Golkar, KMP akan Solid Goyang Jokowi

KONFRONTASI - Kalau Aburizal Bakie terpilih sebagai Ketua Umum Golkar dalam Munas IX di Bali, Koalisi Merah Putih (KMP) makin solid. "Dukungan KMP yang total terhadap penyelenggaraan Munas Bali itu menunjukkan bahwa resiko politik akan besar jika ARB tidak berhasil menyelenggarakannya, khususnya bagi dominasi KMP di DPR," pengamat politik senior AS Hikam (Senin, 1/12).

Implikasi lain atas terpilihnya ARB ini adalah perseteruan dengan kelompok Agung Laksono bisa saja akan berlangsung pasca-Munas dan melahirkan Golkar Perjuangan atau parpol sempalan yang baru. Hal ini memang sangat tergantung apakah Agung Cs masih bisa melakukan konsolidasi dan mobilisasi pendukung Golkar di daeraah-daerah untuk bisa menyelenggarakan Munas tandingan. 

Kemungkinan lainnya, kondisi perpolitikan di DPR akan semakin labil dan tidak kondusif bagi Pemerintah Jokowi jika KMP kian agresif dalam menekan Pemerintah. Apalagi jika kualitias para pembantu Preiden Jokowi yang masih sangat rendah seperti ditunjukkan Menko Polhukam dan Mendagri saat ini. 

"Golkar di bawah kepemimpian ARB yang kedua ini akan makin merosot daya tariknya bagi publik, kendati belum akan membuatnya bubar jalan. Golkar akan mengalami 'involusi' politik yang membawanya semakin jauh dari kejayaan masa lalu pada masa Orba," tandas Hikam.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...