20 November 2019

AHY Temui Megawati, Ada Apa?

KONFRONTASI – Usai gelaran Pilpres 2019, Partai Demokrat lebih dekat dengan koalisi Jokowi-Ma'ruf. Hal itu tercermin dalam pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden Joko Widodo.

Terbaru, bahkan kedua putra Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AHY dan Edi Baskoro Yudhoyono (EBY), datang bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan itu sendiri terjadi bertepatan dengan momen Idul Fitri pada Rabu (5/6/2019) kemarin.

Sementara, dipastikan bahwa keluarga Presiden keenam RI itu tak bersilaturahmi ke Prabowo Subianto.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, saat ini Partai Demokrat telah berpikir realistis.

Karena apabila tetap berada di koalisi Prabowo-Sandi, maka konsekuensinya mereka tidak mendapatkan keuntungan apa-apa.

"Demokrat ini sudah banyak kehilangan. AHY tidak menjadi cawapres. Prabowo juga kalah. Jadi ini dijadikan evaluasi Demokrat," kata Ujang dilansir RMOL.co, Kamis (6/6/2019).

Menurut Ujang, langkah Demokrat mendekati Megawati adalah bagian dari sinyal bahwa Demokrat ingin meminta izin agar bisa masuk ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebab, Megawati adalah salah satu sosok penting di Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Demokrat harus diselamatkan untuk di 2024. AHY juga elektabilitasnya harus bisa terjaga," jelasnya.

Ujang menilai, pasca pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019, koalisi Prabowo-Sandiaga Uno sudah berantakan.

Hal ini juga terlihat ketika PAN lewat ketua umumnya Zulkifli Hasan yang sudah lebih dulu bergerak menemui Presiden Jokowi.

"Jadi memang koalisi Prabowo-Sandi sudah tidak solid lagi, ini dinamika politik," tuturnya.

Sebelum bersilaturahmi dengan Megawati, AHY dan EBY lebih dulu bersilaturahmi menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Bersama Presiden Jokowi, tampak pula Ibu Negara, Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep.

Dalam kesempatan itu, AHY menyampaikan permohonan maaf atas kedatangannya menjelang tengah hari karena terlebih dahulu berziarah ke makam almarhumah Ibu Ani Yudhoyono.

"Tahun ini walaupun sedikit terlambat karena tadi harus ziarah dulu tetapi saya berterima kasih Pak Presiden dan Ibu Negara menerima kami dengan sangat baik. Suasananya sangat kekeluargaan," ucap AHY.

AHY mengatakan bahwa kedatangan mereka adalah untuk mewakili keluarga Yudhoyono bersilaturahmi bersama dengan keluarga Joko Widodo.

Menurutnya, silaturahmi serupa ini harus terus dijaga untuk kebaikan bersama.

"Ini adalah silaturahmi antara dua keluarga, keluarga SBY dengan keluarga Jokowi. Ini adalah silaturahmi yang harus terus dijaga,"

"Mudah-mudahan dengan semakin kita menjaga silaturahmi ini semakin banyak kebaikan buat kita semuanya," tuturnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengungkapkan pesan khusus untuk SBY dan keluarganya.

Khusus untuk SBY, Presiden Jokowi mendoakan agar Presiden ke-6 Republik Indonesia tersebut diberikan kesehatan dan ketabahan sepeninggal almarhumah Ibu Ani Yudhoyono.

"Pak Jokowi dan Ibu Iriana tadi berharap kami ini anak-anaknya dan cucu-cucunya bisa terus kumpul memberikan support kepada Pak SBY supaya bisa melalui hari-hari yang memang tidak mudah bagi kami sekeluarga," imbuhnya.

Selanjutnya, ia langsung bertolak menyambangi kediaman Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar Menteng, Jakarta Pusat.

Dia didampingi istrinya Anisa Pohan, dan adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) beserta istri Aliya Radjasa sekitar pukul 13.44 WIB.

Kepada awak media, baik AHY maupun EBY sama-sama irit bicara. Di dalam, kedua putra Ketua Umum Partai Demokrat itu dijamu langsung Megawati bersama kedua anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Kepada wartawan, AHY hanya menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas doa untuk ibunya yang belum lama ini meninggal dunia.

Sementara itu terkait pembicaraan pertemuan kali ini, dia memilih bungkam.

"Mohon maaf lahir batin untuk masyarakat Indonesia. Terima kasih untuk doanya bagi kepergiannya Ibu Ani Yudhoyono," kata AHY.(mr/pst)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...