25 February 2020

Ahok: Kadang-kadang Gua Kasian Sama DPRD

KONFRONTASI-Laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang dilayangkan Panitia Khusus (Pansus) DPRD DKI ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jakarta, kemarin, dipertanyakan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) .

LHP ini terkait beberapa temuan audit pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemprov DKI pada 2014. Pansus DPRD juga akan menindaklanjuti hasil audit ini ke KPK, Polri dan BPK RI.

Ahok mengatakan, penyerahan LHP tersebut janggal, sebab BPK sendiri telah meminta tambahan waktu 20 hari mengaudit temuan ini, setelah melakukan pemeriksaan selama 60 hari.

"Mereka (BPK) minta audit 60 hari. 60 hari sudah selesai. Sudah kesimpulan belum? Belum. BPK minta tambahan 20 hari. Bagaimana Pansus DPRD bisa ngelaporin? Orang ini aja masih, itu kan namanya pansus politik," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Sedangkan, lanjut Ahok, kasus dugaan korupsi pengadaan UPS dan Scanner yang melibatkan anggota DPRD DKI tak menjadi perhatian dengan pembentukan Pansus.

"Makanya kadang-kadang gua kasian sama DPRD. Gua ajarin deh. UPS, Scanner, itu yang mesti dipansusin, bos. Sudah jelas enggak ada di KUA-PPAS," lanjut dia.

Ahok pun mengaku tak mengerti dimana letak kerugian negara yang disebabkan akibat pembelian lahan ini. Sebelumnya, BPK menyatakan negara mengalami kerugian akibat pembelian lahan sebesar Rp191 miliar, karena PT Ciputra Karya Unggul menawarkan harga lahan sebesar Rp15 juta per meter persegi.

Harga tersebut diklaim Pemprov DKI murah karena merujuk pada nilai jual obyek pajak (NJOP) di Jalan Kyai Tapa senilai Rp20 juta. Padahal seharusnya, menurut BPK, ajuan harga beli dapat didasarkan pada nilai NJOP di Jalan Tomang Utara yang hanya Rp7 juta.

Atas hal itu, BPK mengeluarkan rekomendasi untuk mengembalikan tanah yang sudah dibeli tersebut. Sedangkan menurut Ahok, jika tanah yang sudah dibeli dijual kembali, maka akan timbul kembali kerugian negara.

"Ya sudah ini namanya tendensius, buat saya DPRD begitu mah lucu aja, enggak apa-apa biar makin lucu mereka gitu," tukas suami Veronica Tan itu.[mr/okz]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...