16 October 2018

2019 Presiden Baru: Masyarakat Jenuh dengan Jokowi dan Prabowo

KONFRONTASI - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Sarwi Chaniago menilai masyarakat terutama pemilih pemula pada Pilpres 2019 menginginkan adanya pemimpin baru selain petahana Presiden Joko Widodo dan rivalnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurutnya, kehadiran poros koalisi ketiga sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Pemilih yang mulai jenuh dengan Prabowo dan Jokowi kemungkinan akan berlabuh ke sosok capres alternatif dari poros tengah," ujar Pangi saat berbincang dengan redaksi, Rabu (21/3).

Menurutnya, tokoh alternatif yang dimunculkan poros ketiga berpeluang untuk menang. Apalagi elektabilitas Jokowi maupun Prabowo sudah mulai klimaks alias sudah sampai pada titik jenuh.

"Tak terjadi pertumbuhan elektabilitas terhadap Jokowi dan Prabowo," sebut Pangi.

Diakuinya, memang elektabilitas Jokowi sebagai petahana kini masih di posisi teratas. Namun jika dibandingkan dengan elektabilitas Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelang Pilpres 2009 yang memperoleh lebih dari 60 persen. Angka di bawah 40 persen milik Jokowi sangatlah jauh dari kata aman.

"Oleh karena itu saya haqqul yakin akan ada calon presiden alternatif dari poros tengah menjadi sang penantang incumbent. Konsekuensi logis dari elektabilitas Jokowi yang kurang mengembirakan menambah semangat baru terhadap sang penantang Jokowi," demikian Pangi.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...