23 May 2018

Sri Bintang Pamungkas Dibebaskan

Oleh: Muslim Arbi
Penghuni Rumah Kedaulatan Rakyat, mantan aktivis HMI ITB

Alhamdulillah, akhirnya Dr Ir Sri Bintang Pamungkas, Msc di bebaskan dari tahanan Polda Metro Jaya. Mas SBP, sapaan akrab Sri Bintang Pamungkas di tahan oleh kepolisian selama 102 hari tanpa jelas kesalahan nya.

Semula, suami Mba Erna itu di tuduh lakukan makar. Sebuah tuduhan yang seram kedengaran nya. Karena ancaman bagi pelaku makar di konsitusi cukup berat. Tapi rupanya Polisi tidak bisa buktikan tuduhan nya itu. Akhirnya Polisi harus rela melepaskan Mas Bintang (SBP).

Kembali nya Mas Bintang ke keluarga setelah di ciduk aparat di rumah bya di Cibubur, tanpa jelas kesalahan nya itu tentu nya di syukuri dan di sambut suka cita pihak keluarganya dan juga teman2 aktifis yang selama ini selalu bersama Mas Bintang suarakan kebenaran dan keadilan.

Begitu juga Universitas Indonesia tempat Mas Bintang berbakti sebagai dosen. Bebas nya Mas Bintang ini tentunya disambut gembira oleh civitas akademika Kampus Kuning itu. Beberapa waktu lalu, terlihat Delegasi Kampus Kuning itu menjengung SBP di Penjara Polda.

Kebebasan Mas Bintang dari Tahanan Polda Metro ini adalah sebagai bukti masih ada kebenaran dan keadilan atas orang2 yang tidak salah atas tuduhan yang tidak makar yang tidak berdasar. Ke depan Polri jangan main tangkap jika tidak punya bukti dan alasan yang kuat.

Penangkapan dan Penahanan Mas Bintang dan beberapa Tokoh dan Aktifis Senior Mba Rahmawati Soekarnoputri dkk, sebelum nya dengan tuduhan makar itu di anggap berlebihan. Karena apa? Polisi tidak mampu tunjukkan bukti atas tuduhan nya itu.

Bahkan ketika berkas P21 di serahkan ke Kejaksaan oleh Kepolisian di tolak. Dan ini adalah bentuk koreksi terhadap tindakan kepolisian yang main tangkap itu. Jika Mas Bintang tetap mendekam di penjara, berarti Negara lakukan perbuatan semena mena dan tercela karena menangkan dan penjarankan warga nya yang tidak bersalah.

Apa kesalahan Mas Bintang sehingga harus mendekam di penjara? Bukan kah selama ini, apa yang di suarakan adik Prof Sri Edi Swasono itu adalah ekspresi terhadap kecintaan nya kepada Bangsa dan Negara ini? Mestinya pikiran dan suara Mas Bintang itu perlu di dengar sebagai bentuk kontrol terhadap rezim ini. Agar penguasa tidak kebablasan.

Menyambut kebebasan SBP hari ini, patut di syukuri. Atas upaya hukum oleh Bang Mohammad Assegaf dan Tim nya yang memberi advokasi tanpa kenal lelah.

Satu harapan terhadap Mas Bintang dan Para Tokoh2 Senior Republik ini, jangan berhenti berpikir dan bersuara tentang kebaikan, kebebaran dan keadilan atas Negeri ini. Agar demokrasi tetap tumbuh dan berkembang mengawal konstitusi menuju cita2 Negara seperti yang di inginkan oleh Para Founding Fathers.

Hasil gambar untuk muslim arbi

Muslim Arbi

Dan Kawan2 Guntur 49, Rumah Kedaulatan Rakyat tentunya sudah menunggu dan menyambut kehadiran kembali Mas Bintang untuk kembali gelar Forum2 Diskusi lagi. Viva and Bravo Sri Bintang Pamungkas.

Barakallahu wa syukrillah.

Category: 
Loading...