24 January 2018

Simpang Siur Tentang Ahli Ekonomi Richard Cantillon (1687? – 1734?)

Oleh:  Evan Jaelani

 

Sebelumnya saya ucapkan dulu terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman semuanya karena berkat dukungan teman-teman semuanya blog ini mencapai postingan yang ke lima puluh. Pada postingan yang ke lima puluh ini, saya akan melanjutkan postingan saya yang terdahulu yaitu postingan ini, ini dan ini mengenai para pemikir-pemikir ekonomi terdahulu beserta sumbangsihnya terhadap ilmu ekonomi yang ada sekarang ini dan juga buku-buku yang telah mereka buat beserta referensi atau tulisan-tulisan lain mengenai mereka. OK, langsung saja yah. Pada postingan kali ini yang akan di bahas adalah mengenai Richard Cantillon (1687? - 1734?).
Richard Cantillon adalah tokoh yang misterius dan mempesona. Tidak banyak yang diketahui tentang kelahiran dan masa mudanya, serta kegiatan finansial dan kematiannya yang penuh kontroversial. Meskipun mengabdikan seluruh hidupnya untuk membuat uang, namun Cantillon telah menulis risalah ekonomi riil yang pertama, sebuah studi yang menggambarkan hubungan timbal balik dan kerja dari sistem ekonomi. Ia juga menyumbangkan teori moneter dan ia adalah orang pertama yang menjelaskan peran ekonomi penting yang dimainkan oleh pengusaha.
 
Brewer (1992, hlm. 2) memberikan angka tahun yang masuk akan untuk kelahirannya yaitu 1687 berdasarkan fakta bahwa Cantillon menjadi warga Perancis tahun 1708, dan ia pasti berusia 21 tahun pada saat itu. Pada tahun 1716 ia pergi ke Perancis untuk mengambil alih Bank milik sepupunya. Tapi untuk menghindari masalah-masalah hukum yang terus dialaminya ia memutuskan kembali ke Inggris dan hidup mewah dengan kekayaan yang melimpah yang didapatkan selama kegiatan investasi dan peminjaman.
Satu-satunya tulisan karya ekonomi Cantillon yang masih ada adalah Essay on the Nature Commerce (Cantillon, 1975). Buku ini diterbitkan lebih dari dua puluh tahun kemudian setelah api melahap rumahnya di London. Suplemen statistik yang disebut-sebut dalam teks ini, tidak pernah ditemukan. Essay ini, yang dibagi menjadi tiga buku atau bagian, mengemukakan serangkaian prinsip-prinsip yang meliputi berbagai topik yang menjelaskan bagaimana ekonomi bekerja. Bagian pertama mendeskripsikan bagaimana ekonomi riil beroperasi, atau prinsip-prinsip apa yang mendasari produksi barang dan prinsip apa yang mendasari penyewaan orang untuk memproduksi barang tersebut. Bagian dua memfokuskan pada sistem moneter dan menjelaskan bagaimana uang dan perekonomian riil berhubungan. Terakhir, bagian tiga, adalah penggambaran tentang perdagangan internasional dan penukaran mata uang asing. Sehingga kemudian para ahli ekonomi sekarang menggambarkan ketidakpastian dari uang ini dinamakan dengan nama Effect Cantillon.
Cantillon merupakan tokoh yang sering dilupakan di dalam ilmu ekonomi. Ia dikenal terutama karena pengaruhnya terhadap Quesnay dan mazhab kaum physiocrat, dan karena ia mengembangkan gagasan bahwa aliran uang menghubungkan berbagai sektor ekonomi yang berbeda. Tetapi sebenarnya tempat Cantillon dalam sejarah lebih penting ketimbang hal tersebut. Essay-nya layak dianggap sebagai risalah ekonomi riil yang pertama. Karya ini membayangkan ekonomi sebagai sistem timbal-balik dan menjelaskan bagaimana sistem bekerja. Karena alasan ini Cantillon mungkin layak dianggap sebagai ahli ekonomi riil yang pertama.
 
Karya-karya Cantillon
Essai sur la nature du commerce en general (1975), diterjemahkan oleh Henry Higgs, New York, Augustus Kelley, 1964.

Karya-karya Tentang Cantillon
Bordo, Michael, “Some Aspect of the Monetary Economics of Richard Cantillon,” Journal of Monetary Economics, 12 (1983), hlm. 235 – 58.
Brewer, Anthony, Richard Cantillon: Pioneer of Economics Theory, London and New York, Routledge, 1992.
Murphy, Antoin, Richard Cantillon: Entrepeneur and Economics, Oxford Clarendon Press, 1986.
Spengler, Joseph, “Richard Cantillon: First of the Modern I,” Journal of Political Economy, 62, 4 (Agustus, 1954), hlm. 281 – 95.
Spengler, Joseph, “Richard Cantillon: First of the Modern II,” Journal of Political Economy, 62, 5 (November, 1954), hlm. 406 – 24.
Tarascio, Vincent, “Cantillon’s Theory of Population Size and Distribution,” Atlantic Economic Journal, 9, 2 (Juli, 1981), hlm. 12 – 18.(Jft/Referensi, Sinopsis Buku)
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...