19 March 2019

Saya Tidak Membenci Ahok

Apabila saya membenci Ahok karena ia Tionghoa, maka itu berarti saya benci juga pada tante saya yang orang Tionghoa asli, seorang pendeta dengan ribuan jemaat di Jember, Jawa Timur. Berarti, saya juga benci pada kakak-kakak sepupu saya di sana. Saya tidak membenci Ahok karena ketionghaannya.

Apabila saya membenci Ahok karena ia Tionghoa, maka itu berarti saya benci juga pada seorang kemenakan saya, yang ber-ibu seorang Tionghoa. Saya tidak membenci Ahok karena ketionghaannya.

Apabila saya membenci Ahok karena ia Tionghoa, maka itu berarti saya benci juga pada istri ipar saya, yang orang Tionghoa asli. Saya tidak membenci Ahok karena ketionghaannya.

Apabila saya membenci Ahok karena ia Tionghoa, maka itu berarti saya benci juga pada kawan saya semasa SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, rekan bisnis, tetangga, teman facebook, yang banyak sekali orang atau peranakan Tionghoa. Saya tidak membenci Ahok karena ia Tionghoa.

Apabila saya membenci Ahok karena ia Tionghoa, maka itu berarti saya benci juga pada dosen yang dulu membimbing penulisan skripsi saya yang adalah orang Tionghoa asli. Saya tidak membenci Ahok karena ia Tionghoa.

Saya bahkan tidak membenci Ahok atas dasar apa pun.

Bahwa saya bukan pendukung Ahok, jawabannya adalah IYA. Saya tidak mendukung Ahok bukan karena ia Tionghoa. Silahkan telusur wall FB saya mengapa saya tidak mendukung dia. Saya ulangi: bukan karena Ahok Tionghoa.

Saya menyesalkan orang-orang yang 3 tahun terakhir ini memaksakan definisi BENCI. Mengkritisi pihak tertentu disebut membenci. Pengkritisan dengan mengajukan data pun dikatakan membenci. Dibawakan perbandingan  "before & after" dari berbagai janji yang tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya, kita-kita ini langsung divonis membenci. Atas dasar benci. Masyarakat luas pun diberi edukasi buruk untuk memandang pengkritisan sebagai kebencian. Sekarang, siapa pun yang tidak bersimpati pada nasib Ahok dipandang sebagai akibat dari perasaan benci kepada Ahok. Apakah karena rumpun etnikalnya atau karena agama yang dianutnya, atau karena kedua-duanya.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...