21 May 2019

Prabowo Harus Berlanjut

KONFRONTASI-Saya mencatat dan pernah menulis ketika, koalisi Indonesia Hebat memperluas koalisinya dengan cara memecah PPP dan Golkar, serta mengangkat Jaksa Agung dari Partai Nasdem dan selanjutnya aparat penegak hukum menjadi alat politik, maka demokrasi hanya akan jadi prosedur mempertahankan kekuasaan.

Koalisi politik besar yang dibentuk dengan paksaan kekuasaan membuat intitusi politik tidak akan bisa optimal menjadi forum pengambilan keputusan politik rakyat. Check and balance tidak akan berfungsi. Koalisi penguasa tidak ada yang mengontrol. Intitusi politilk hanya jadi lembaga ketuk palu dengan proses bargaining yang lemah untuk melaksanakan kehendak penguasa. Rakyat tidak memproleh manfaat besar dari proses dialektika diparlemen.

Secara teknis hal ini nantinya membuat kekuasaan akan berhadapan langsung dengan rakyat, karena institusi politik dan birokrasi sudah dikendalikan.

Tapi rakyat juga butuh simbol perlawanan. Ketemulah Prabowo. Saya salut pada Prabowo yang bersedia menjadi simbul perlawanan, karena memang tidak ada yang lain yang bisa melakukan itu. 

Andaipun Prabowo kalah, perlawanan harus tetap dijalankan.

Demokrasi harus disehatkan, bukan hanya sekedar dijadikan prosedur saja. Penguasa harus dimbangi oleh oposisi yang kuat agar Rakyat dapat memperoleh manfaat yang besar dari pertarungan beradab antara penguasa dengan oposisi. Penegakan hukum harus bebas dari intervensi politik. Institusi pertahanan dan keamanan tidak boleh dijadikan alat kekuasaan. Penegakan hukum, pertahanan dan keamanan harus dikeluarkan dari pertarungan beradab antara penguasa dengan oposisi.

Bravo Prabowo. Sukses. Anda telah berjasa dalam membangun bangsa. Menang atau kalah.  

Jika anda menang justru anda akan menghadapi ujian yang lebih besar untuk menyehatkan demokrasi maupun dalam mengemban tanggung jawab membangun bangsa.

Jika anda kalah dalam pertarungan pilpres ini, anda harus melanjutkan peran anda sebagai simbul dan perkuatan oposisi agar demokrasi semakin sehat yang dapat memaksimalkan pemanfaatan sumber daya negara dan bangsa untuk kesejahteraan rakyat serta menjaga martabat bangsa.

Rakyat masih membutuhkan anda. Belum ada orang yang tampil sekuat anda dalam menghadap berbagai terpaan fitnah, cibiran, dan pendiskreditan. 

Saya yakin dengan ketegaran anda meskipun nantinya anda menjadi the last man stading.

Anda telah memperoleh dukungan yang besar dari rakyat. Jangan sia siakan harapan rakyat terhadap anda.

___________

Oleh: Agus Mualif Rohadi

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...