13 December 2017

Money Politics di Munas KAHMI sangat Diragukan

Oleh: Bambang Soesatyo
Mantan Presidium Nasional KAHMI 2012-2017

Sebagai mantan Presidium Nasional Kahmi 2012-2017 bersama Mahfud MD dan Anies Baswedan yg menolak maju kembali pada Munas Kahmi ke-10 di Medan Kemarin, saya ragu dan tidak yakin kalau dalam pemilihan presidium nasional Kahmi baru periode 2017-2022 terjadi permainan uang atau money politics.

Bahwa ada tokoh2 politik dan pengusaha yg ikut berkompetisi ya memang sulit dihindari jika mereka memakai strategi dan cara2 yg biasa dipakai di parpol maupun organisasi pengusaha. Yakni melakukan lobi, mobilisasi dengan cara mengumpulkan para pemilik suara. Baik secara sendiri2 maupun berkelompok secara bergiliran. Dan biasanya dibentuk tim sukses yg bertanggung jawab atas kenyamanan para pemilik suara mulai turun dari pesawat, penginapan maupun transportasi lokal.

Sejauh hanya mentraktir makan dan minum, menurut saya merupakan hal yang wajar saja. Itu namanya cost politics atau biaya politik. Bukan transaksi politik yg menetapkan ‘harga’ misalnya satu suara sekian puluh juta rupiah. Dan dibayar tunai sebelum pemilihan calon.

Pengalaman saya terpilih menjadi presidium Nasional pada Munas Kahmi ke-9 periode 2012-21017, lima tahun lalu di Pekan Baru Riau, tidak ada deal atau transaksi sama sekali. Saya bahkan tdk sempat membetuk tim sukses. Para peserta Munas utusan dari berbagai daerah berkumpul sambil makan dan diskusi sebelum masuk sesi pemilihan.

Setelah terpilih, beberapa kawan daerah yg saya sangat kenal baik karena pernah sama2 di KNPI, Golkar, Hipmi, Kadin dan lain2 barulah datang menemui saya mengucapkan selamat dan menyampaikan ada beberapa anggota yg akan kembali ke daerah belum memiliki tiket. Dan sebagai mana kebiasaan di HMI, kita saling bantu dan bahu membahu, beberapa (tidak semua) kita siapkan tiketnya. Apakah itu masuk dalam katagori money politic? Menurut saya tidak.

Akhirnya, saya berharap soal tudingan adanya money poltics ditubuh Kahmi itu tidak benar. Yang ada hanyalah cost politik.

Selamat kepada para sahabat Presidium 2012-2017 yang terpilih kembali dan para sahabat yang baru terpilih menjadi Presidium Nasional 2017-2022. Semoga dapat membawa Kahmi ke arah yg lebih baik dan disegani dalam kancah sosial politik nasional.

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...