16 December 2017

Bahasa Indonesia: Ubah Bukan Rubah

Oleh: Tb Ardi Januar*

Banyak orang keliru dalam menuliskan kata “ubah” yang dimaksud atau diartikan mengganti atau menukar. Beberapa orang masih menulis “rubah”. Kita masih kerap mendengar orang bicara “merubah”, padahal yang betul adalah “mengubah”.

Contoh kalimat yang baik dan benar:

1. Anies-Sandi MENGUBAH Monas dari tempat ekslusif menjadi tempat pertunjukan warga. Baik pertunjukan seni ataupun pertunjukan religi.

2. Anies MENGUBAH ruangan tempat tidur gubernur sebelumnya menjadi tempat rapat kecil untuk berdiskusi dengan bawahannya.

3. Anies-Sandi bertekad MENGUBAH kesemrawutan Tanah Abang tanpa kekerasan dari aparat dan dapat menjadi solusi bagi semua pihak.

Sedangkan contoh kalimat yang salah dan tidak boleh ditiru adalah:

1. Wacana Ahok MERUBAH Bukit Duri menjadi kampung deret tak terbukti dan hanya sebatas janji.

2. Ahok MERUBAH sejumlah kebijakan. Di antaranya, melarang sepeda motor masuk Jalan MH Thamrin meski sama-sama bayar pajak, melarang budaya takbir keliling dan melarang warga potong hewan qurban di sejumlah tempat.

3. Upaya Pemprov DKI era Ahok yang ingin MERUBAH kepemilikan lahan di RS Sumber Waras terindikasi ada praktik korupsi dan merugikan keuangan negara sebesar Rp191 miliar.

Jadi, penggunaan kaidah bahasa yang benar adalah “mengubah”, bukan “merubah”. Karena kata dasarnya adalah “ubah” bukan “rubah”. Rubah hanyalah sejenis binatang buas yang moncongnya panjang dan gemar berburu daging.

*Bahasa Indonesia

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...