27 April 2018

Waduh, Ronaldo Dituding Gelapkan Pajak

KONFRONTASI-Bintang sepakbola, Cristiano Ronaldo, menghadapi gugatan hukum pada Selasa oleh kantor jaksa penuntut Spanyol di Madrid, untuk dugaan penipuan terharap otoritas pajak Spanyol senilai 14,7 juta euro antara 2011 sampai 2014.  

Kantor jaksa mengatakan dalam pernyataannya, penyerang Real Madrid itu diketahui menggunakan struktur bisnis yang diciptakan pada 2010 untuk dugaan menyembunyikan pendapatan dari hak gambar diri di Spanyol.

Hal ini mencakup kegagalan "sukarela" untuk memathui kewajiban-kewajiban pajaknya di Spanyol, kata pernyataan dari kantor seksi kejahatan-kejahatan ekonomi. Empat perhitungan penghindaran pajak didasarkan pada laporan dari kantor pajak Spanyol, kata mereka.

Real Madrid menolak berkomentar dan meminta agensi yang mewakili Ronaldo, Gestifute, tidak memberikan jawaban.

Ronaldo, yang memimpin Real Madrid untuk meraih gelar Eropa ke-12nya pada awal bulan ini, merupakan sosok terkini dalam daftar panjang pemain-pemain sepak bola di Spanyol -- di antaranya terdapat dua bintang Barcelona Lionel Messi dan Neymar -- yang tersangkut kasus pajak atau transfer.

Antara 2005 sampai 2010, para pemain asing di Spanyol dilindungi oleh apa yang disebut "hukum Beckham" yang mengizinkan mereka menyimpan pajak-pajak mereka. Namun ketika krisis finansial menjadi lebih dalam, pengecualian itu dicabut, sehingga muncullah kasus-kasus ini.

Kantor jaksa menuding Ronaldo mengelabui otoritas pajak senilai 1,4 juta euro pada 2011, 1,7 juta euro pada 2012, 3,2 juta euro pada 2013, dan 8,5 juta euro pada 2014.

Category: 
loading...

Related Terms