18 November 2019

Uzbekistan Temani Tiongkok Setelah Taklukkan Arab Saudi

Konfrontasi - Timnas Uzbekistan berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 3-1 pada Minggu, untuk mencapai perempat final Piala Asia, melalui sundulan keras dari Vokhid Shodiev yang membantu mereka memastikan kemenangan mereka. Gol dari Vokhid Shodiev menjadi penentu kemenangan dramatis yang pernah ia dibukukan sebagai pemain pengganti, yang tercipta pada menit ke-70.

Uzbekistan, yang mencapai semifinal Piala Asia terakhir pada 2011, dan selanjutnya akan berhadapan dengan Korea Selatan (Korsel) pada putaran delapan besar yang akan dimainkan Kamis, sedangkan juara tiga kali Arab Saudi tersingkir di fase grup.

"Saya tidak dapat mengatakan bahwa ini merupakan tragedi besar," kata pelatih sementara Arab Saudi Cosmin Olaroiu.

"Kami kemasukan gol yang sangat memalukan setelah satu menit dan itu memaksa kami untuk bermain dengan cara yang berbeda. Uzbekistan berjuang keras dan layak untuk lolos," tambah Cosmin Olaroiu.

Tensi meninggi setelah Rashidov menuntaskan perlawanan Arab Saudi dengan penyelesaian mematikan 11 menit sebelum pertandingan usai di Melbourne, dengan seketika para pemain pengganti Uzbekistan menari-nari di depan bangku pemain cadangan Arab Saudi.

Arab Saudi hanya membutuhkan hasil imbang untuk mendampingi juara Grup B Tiongkok ke fase gugur, setelah wasit asal Australia Ben Williams memberi mereka hadiah penalti yang sukses dikonversi oleh Mohammed Al Sahlawi pada menit ke-60.

Pelanggaran-pelanggaran semu Sang wasit, yang sempat bersitegang dengan pelatih Iran Carlos Queiroz pada fase awal turnamen, menunjuk titik putih setelah Vitaly Denisov setelah menjatuhkan penyerang Naif Hazazi.

Tayangan-tayangan ulang memperlihatkan bahwa Hazazi tersungkur tanpa dilanggar Denisov, yang terlihat begitu kesal saat gawangnya kemasukan.

Beberapa saat kemudian Williams, yang saat menjadi wasit pada Piala Dunia tahun lalu, membatalkan gol Uzbekistan karena pelanggaran semu lainnya. Pelatih Uzbekistan Mirdjalal Kasimov menolak untuk mengomentari keputusan penalti dan gol yang dianulir itu, mungkin karena sebelumnya Queiroz dan gelandang Jepang Keisuke Honda mendapat denda karena mengkritik para wasit.

"Saya tidak melihatnya," tuturnya mengenai penalti. "Namun mungkin itu merupakan kesalahan. Para pemain Arab Saudi melakukan 'diving' sepanjang permainan. Mereka melakukan 'diving' dan memohon penalti demi penalti, wasit semestinya benar-benar memberi kartu kepada mereka." "Semakin banyak mereka melakukan 'diving,' semakin banyak tekanan yang mereka berikan kepada wasit dan ia mulai meniup untuk menguntungkan mereka." jelasnya.

Rashidov membawa timnya unggul saat pertandingan baru bergulir dua menit, dengan memanfaatkan kelengahan pertahanan Arab Saudi untuk mencetak gol dengan sepakan yang melesak di sela-sela kaki kiper Waleed Abdullah.

Namun justru Shodiev yang mengubah momentum, di mana ia melompat tinggi untuk menanduk umpan silang Shavkatjon Mulladjanov, sebelum kemudian berlari ke tiang sudut untuk merayakan golnya. (cptr)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...