12 December 2019

Resmi Jadi Staf Akademi Liverpool, Gerrard Meniti Karier Sebagai Pelatih Top

Konfrontasi - Jumat (20/1/2017) menjadi hari bersejarah bagi Steven Gerrard. Pria 36 tahun itu memutuskan menjajal profesi baru. Gerrard bersedia menjadi staf pelatih tim akademi Liverpool.

Ketika masih aktif bermain, Gerrard merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang dimiliki Liverpool. Dia merupakan sosok tak tergantikan di lini tengah The Reds sejak debut tahun 1998.

Gerrard, tampil 710 kali dengan koleksi 186 gol bersama Liverpool. Mantan kapten The Reds itu mampu mempersembahkan banyak gelar yakni satu trofi Liga Champions, dua Piala FA, tiga Piala Liga Inggris, satu Piala UEFA serta satu Piala Super Eropa.

Selepas meninggalkan Liverpool, Gerrard sempat mencoba petualangan di Amerika Serikat bersama Los Angeles Galaxy. Setelah main selama dua tahun, Gerrard memutuskan pensiun tahun 2016 lalu saat kontraknya bersama Galaxy habis.

Setelah memilih pensiun, Gerrard cukup lama membuat keputusan soal masa depannya. Hingga akhirnya dia bersedia kembali ke Liverpool sebagai salah satu pelatih akademi klub yang beroperasi di komplek Kirkby.

Gerrard akan memulai perannya pada fase pengembangan profesional para bibit-bibit muda yang telah direkrut Liverpool. Bagi Gerrard, peran barunya tersebut memberikannya kesempatan mengasah kemampuan kepelatihannya di bawah bimbingan Direktur Akademi Liverpool, Alex Inglethorpe. 

"Rasanya seperti menyelesaikan putaran dengan sempurna, kembali ke tempat di mana semuanya bermula. Namun, ini bukan keputusan emosional, ini soal apa yang bisa saya berikan dan kontribusikan untuk Liverpool," kata Gerrard.

"Saya rasa tak perlu menjelaskan lagi kepada orang-orang apa arti klub ini bagi saya. Namun, ketika saya tahu ada kesempatan untuk kembali bergabung, saya ingin memastikan itu adalah peran substansial, yang bisa membuat saya membantu organisasi ini."

Menjadi staf pelatih di tim akademi Liverpool juga menjadi langkah awal Gerrard meniti karier sebagai pelatih. Banyak pelatih top yang mengawali kiprah dari tim akademi atau tim junior.

Gerrard digadang-gadang sebagai calon manajer masa depan Liverpool. The Reds ingin Gerrard meniru jejak Josep Guardiola, Antonio Conte, Carlo Ancelotti hingga Zinedine Zidane yang mampu menjadi pelatih hebat di klub yang pernah dibelanya saat masih aktif bermain.

"Peran ini memberikan saya peluang besar untuk belajar dan mengembangkan kemampuan sebagai pelatih, sementara di waktu bersamaan bisa membagikan pengetahuan, ide, dan pengalaman kepada para pemain muda di periode terpenting perkembangan mereka," tegas Gerrard. (lptn6/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...