16 October 2019

Pangkas Grup, Format Liga Champions Bakal Diubah

Konfrontasi - Format Liga Champions bakal mengalami perubahan. Bukan musim depan, tetapi UEFA baru akan memperkenalkan format baru pada 2024 mendatang.

Jumlah peserta nantinya akan sama dengan yang sekarang, 32 klub dari berbagai negara dengan koefisien kompetisi tertinggi dan masuk klasifikasi untuk Liga Champions.

Namun, nantinya 32 klub tersebut tak dibagi ke dalam delapan grup, seperti sebelumnya. Dengan format baru itu, mereka dibagi ke dalam empat grup, dengan masing-masing berisikan delapan klub peserta.

Artinya, ada 14 matchdays yang akan terselenggara di 2024 nanti. Empat tim teratas di masing-masing grup, nantinya bakal lolos ke babak 16 besar.

Laporan El Partidazo de COPE, tim yang posisinya paling buncit di masing-masing grup akan terdegradasi ke Liga Europa.

Kemudian, tim dengan posisi enam dan tujuh di setiap klub akan bersaing, demi menghindari degradasi ke Liga Europa di musim selanjutnya.

Format ini masih dimatangkan oleh UEFA dan dipresentasikan dalam pertemuan Agustus 2019 mendatang di Monaco. Belum juga diumumkan, sudah ada penolakan terkait format ini, yang dilancarkan dari LaLiga dan Premier League. (vv/mg)

Category: