16 November 2019

MU Tidak Perlu Beli Cristiano Ronaldo, Ini Alasannya

KONFRONTASI -  Cristiano Ronaldo membuat Real Madrid khawatir usai final Liga Champions kontra Liverpool di Kiev, Ukraina, Minggu (27/5). Ia belum mau membahas masa depannya di Santiago Bernabeu.

Ucapan Ronaldo diisyaratkan dirinya bakal hengkang. CR7 kemudian kembali dikaitkan dengan eks klubnya, Manchester United (MU). 

Ronaldo pernah memperkuat MU dari 2003 hingga 2009. Dalam kurun waktu itu, dia tampil 229 kali dan mencetak 118 gol. Tak hanya itu, sembilan trofi dimenangkan selama CR7 berkostum Setan Merah.

Namun, MU dinilai tidak perlu membawa pulang bintang asal Portugal itu. Berikut 3 alasannya seperti dinukil dari Sokka:

1. Taktik Mourinho
Cristiano Ronaldo mengalami masa sulit selama Jose Mourinho melatih Real Madrid. Meski memenangkan gelar Liga Spanyol, taktik Mourinho tidak disukai bintang asal Portugal itu.

Mourinho terlalu menuntut banyak pada Ronaldo. Selain menyerang, ia juga diminta untuk menekan lawan, menutup ruang, dan lainnya. 

Selama Mourinho masih menjadi manajer Manchester United (MU), tidak mungkin Ronaldo akan hijrah ke Old Trafford. Tidak masuk akal Ronaldo mau bekerja sama lagi dengan kompatriotnya itu.

2. Usia
Ronaldo, baru-baru ini, menyatakan meski berusia 33, dia merasa secara biologis masih berusia 23 tahun. Diberkati dengan kebugaran luar biasa, pernyataannya ada benarnya. Namun, sedikit berlebihan.

Peran Ronaldo telah berkurang di Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Dia bukan lagi pemain sayap, tapi lebih dari seorang pemburu di kotak penalti.

Meski ia sangat efektif dalam peran itu dengan 44 gol musim ini, kontribusinya secara keseluruhan sudah berkurang secara bertahap. Melawan Liverpool di final Liga Champions, dia memiliki sentuhan paling sedikit di antara para pemain Madrid. Di musim ini, juga kali pertama CR7 gagal mengumpulkan 10 assist sejak bergabung dengan Madrid.

Pemain muda MU Anthony Martial dan Marcus Rashford telah menunjukkan banyak potensi. Kedua pemain tersebut dapat mengaburkan peran Ronaldo di tim.

3. Nilai Transfer dan Gaji
Real Madrid kemungkinan akan mematok harga selangit untuk Cristiano Ronaldo meski sudah berusia 33 tahun. Kemungkinan tak kurang dari 80 juta pound atau sekitar Rp 1,48 triliun.

Pada tahap ini, tidak masuk akal bagi MU untuk membelanjakan uang sebanyak itu kepada pemain yang sudah melewati masa jayanya. Lebih jauh lagi, pemain berusia 33 tahun ini cenderung menuntut gaji yang terlalu tinggi.

Untuk tim yang memiliki tagihan gaji tertinggi di Liga Inggris, menambahkan beberapa juta lebih bisa bunuh diri. Ini juga akan mengganggu keharmonisan skuat dan akan mengungguli orang-orang seperti Alexis Sanchez dan Paul Pogba.

Lebih baik jika MU membelanjakan uang ini untuk merekrut pemain bertahan dan gelandang berkualitas.(Jft/Skala)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...