19 October 2019

Luarbiasa Ter Stegen, Kiper Barca Ini Gagalkan Penalti Reus, Dortmund Vs Barca Berakhir Imbang

KONFRONTASI -   Borussia Dortmund bermain imbang 0-0 dengan Barcelona di matchday pertama Grup F Liga Champions. Ada penalti Marco Reus yang digagalkan Marc-Andre ter Stegen di babak kedua.

Dortmund vs Barca berlangsung di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) dinihari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Dortmund mendapat kesempatan untuk melesakkan gol di babak kedua lewat eksekusi penalti Marco Reus, namun tembakannya mampu dimentahkan Ter Stegen.

Laga ini menandai debutnya Lionel Messi di musim 2019/2020. Kehadiran La Pulga belum dapat berdampak besar untuk Barca.

Tak ada gol hingga babak kedua tuntas. Kedua tim harus puas berbagi poin satu.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas pertama didapat Barca pada menit ke-12. Gerard Pique berhasil menyundul bola dari umpan sepak pojok. Bola bergulir di mulut gawang Dortmund tanpa bisa disambar rekannya.

Barcelona dominan dalam menguasi bola. Di sisi lain, Dortmund lebih banyak menunggu di wilayah sendiri saat bola dikuasai Barca.

Dortmund mengancam pertahanan Barca di menit ke-20 lewat serangan balik cepat. Raphael Guerreiro menyisir sisi kanan Barca dan bekerja sama Paco Alcacer di kotak penalti lawan. Upaya tersebut gagal berbuah tembakan setelah lebih dulu dipatahkan pemain belakang Blaugrana.

Dortmund mendapat peluang emas di menit ke-24. Jadon Sancho melepas umpan ke arah Marco Reus yang menyelinap masuk ke kotak penalti Barca. Reus langsung melepaskan tembakan, namun laju bola masih bisa digagalkan dengan kaki Marc-Andre ter Stegen.

Setengah jam laga berjalan, Barca belum mampu melepas tembakan ke arah gawang Dortmund. Tim besutan Ernesto Valverde belum bisa membongkar pertahanan tim tuan rumah yang sangat rapat.

Dortmund justru malah mengancam lewat serangan balik lagi. Achraf Hakimi melakukan tusukan ke kotak penalti Barca dari sisi kanan. Tembakan dilepaskan, namun bola masih sedikit melebar dari gawang.

Kemelut terjadi di kotak penalti Dortmund dari bola tendangan bebas Barca di menit ke-35. Bola hasil tinjuan Roman Buerki jatuh di kaki Ansu Fati. Striker 16 tahun milik Barca itu langsung melepaskan tembakan, namun bola masih bisa diblok dengan punggung Reus.

Serangan balik cepat kembali dibangun Dortmund pada menit ke-38. Sancho mendapat ruang melepas tembakan dari hasil serangan ini, namun bola yang ditendang dari depan kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Barca memberi beberapa ancaman dari skema sepak pojok jelang akhir babak pertama. Upaya tersebut belum membuahkan hasil dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan dua menit, Barca langsung mengancam pertahanan Dortmund. Lusi Suarez melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan. Tembakan dilepaskan dari jarak dekat, namun bola masih bisa diselamatkan Buerki.

Dortmund mendapat hadiah penalti di menit ke-56. Sancho dilanggar oleh Nelson Semedo dan wasit langsung melayangkan kartu kuning.

Reus maju sebagai eksekutor. Bola yang mengarah ke sisi kiri bawah berhasil ditepis Ter Stegen. Bola rebound berusah di sambar Reus, namun dengan cepat kiper asal Jerman itu mampu menangkapnya.

Dua pergantian langsung dilakukan pelatih Ernesto Valverde di menit ke-60. Lionel Messi dan Ivan Rakitic masuk untuk menggantikan Fati dan Sergio Busquets.
 

Ter Stegen Gagalkan Penalti Reus, Dortmund Vs Barca Berakhir ImbangFoto: Thilo Schmuelgen/Reuters


Selepas laga berjalan satu jam, Dortmund mulai lebih agresif menekan pertahanan Barca. Peluang emas didapat pada menit ke-70 lewat sontekan Alcacer dari jarak dekat, namun bola masih melenceng.

Julian Brandt mengancam gawang Barca di menit ke-75. Bola hasil tembakan kerasnya dari luar kotak penalti membentur mistar gawang.

Semenit kemudian giliran Reus dapat momentum mencetak gol. Bola umpan mendatar dari sisi kanan berhasil disambar, namun masuk bisa ditepis oleh Ter Stegen.

Barcelona tak banyak mengancam gawang Dortmund meski sudah ada Messi. Barisan pertahanan Dortmund dengan solid dapat meredam tekanan tim asal Spanyol tersebut. Skor 0-0 bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

Dortmund: Buerki, Hakimi, Akanji, Hummels, Guerreiro, Delaney, Witsel, Sancho, Reus, Alcacer, Hazard.

Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Lenglet, Alba, Busquets, Arthur, De Jong, Griezmann, Suarez, Fati.

Tonton Laga Barcelona dan Dortmun yang berakhir Imbang: https://www.dailymotion.com/video/x7layfr (jft/Detik)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...