18 November 2019

Kamu Mau Belajar Menggiring-Bola-Seperti-Lionel-Messi? Baca Ini !

KONFRONTASI -   Lionel “Leo” Messi membuat pemain-pemain belakang yang hebat tampak bodoh. Dribelnya mengingatkan kita pada pemain hebat seperti Diego Maradona, dan kemampuannya untuk menjaga bola tetap dekat dengan tubuh serta mengubah arah gerakan secara eksplosif adalah alasan mengapa ia secara luas diakui sebagai salah satu pemain terhebat di generasinya, dan mungkin sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara Messi menggiring bola, Anda bisa mulai dengan melatih dasar-dasar menggiring bola dan manuver lincah yang ia gunakan untuk membawa permainan Anda ke tingkat selanjutnya. Lihat Langkah 1 untuk mengetahui informasi lebih lanjut.Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 1

Bagian 1

Membangun Dasar-Dasarnya

 

Jaga bola tetap dalam penguasaan Anda. Messi dan penggiring hebat lainnya selalu menjaga bola untuk sangat dekat dengan badan mereka, seolah-olah bola diikat dengan tali pendek di sekitar pergelangan kaki. Untuk meningkatkan kemampuan penggiringan bola dari jarak dekat, berlatihlah dengan melewati cone secepat mungkin. Anda akan memaksa tubuh Anda untuk mengontrol bola dan menjaganya tetap dekat.
  • Anda juga harus melatih kecepatan Anda. Sangatlah mudah untuk menjaga bola tetap dekat saat Anda berjalan, tetapi akan menjadi sangat sulit ketika Anda berlari. Tingkatkan kecepatan dan stamina Anda secara bertahap, usahakan untuk menyentuh bola setiap 2-3 langkah.
 
Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 2
2. Jaga agar kepala Anda tetap tegak. Visi yang bagus menjadi sangat penting untuk kontrol bola dan gaya menggiring seperti Messi. Latih mata Anda untuk tetap melihat ke setiap aksi di sekitar Anda, fokuslah pada pinggul lawan untuk melihat ke arah mana mereka bergerak sehingga Anda bisa membuat mereka menjadi tidak seimbang atau bahkan membuat mereka terpeleset, ini akan menghancurkan moral mereka.
Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 3
3
 
Ciptakan titik gravitasi yang rendah. Ini memang tidak adil: Messi adalah penggiring yang hebat karena ia bertubuh pendek. Sebenarnya bukan faktor tinggi badan yang akan menjadikan Anda penggiring hebat, tetapi bagi Messi, ia mengambil lebih banyak langkah setiap kali ia menggiring bola dibandingkan penggiring lainnya, dan ia memaksa untuk menjaga bola untuk dekat dengannya, membuat langkah kecil yang cepat ketika ia bergerak. Pemain-pemain yang lebih tinggi bisa melakukan hal yang sama, tetapi membutuhkan latihan lebih dan cobalah untuk memusatkan titik gravitasi Anda agar tetap rendah, dengan agak sedikit berjongkok
Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 4
 
 
Jaga agar lengan Anda tetap di samping luar tubuh. Ingatkah Anda dengan cara Jack Sparrow berjalan di Pirates of the Caribbean, tangan ke luar agar tetap stabil saat mabuk? Lihatlah beberapa klip—penggiring hebat seperti Messi menggiring seperti itu. Menjaga agar tangan Anda sedikit jauh dari badan bisa membuat Anda menjaga keseimbangan saat transisi dan pergantian arah dan membuat Anda tetap berada di posisi terbaik.
Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 5
 
 5 Jadilah lebih cepat. Kecepatan adalah salah satu kunci gaya permainan dan kontrol bola Lionel Messi. Menjaga bola untuk tetap dekat pada kecepatan tinggi adalah yang membedakan Messi dengan pemain lainnya.
  • Untuk melatih kecepatan Anda, lakukan sprint/lari cepat saat menggiring. Cobalah untuk berlari secepat mungkin dan menyentuh bola sebanyak yang Anda bisa. Hitunglah waktu yang Anda buat dan latihlah untuk lebih cepat dari ujung ke ujung lapangan.
  • Latihlah lari Anda dengan keras. Untuk mengembangkan daya ledak Anda, cobalah untuk berlari bolak-balik di lapangan, dari garis gawang sejauh 5,5 m, 18 m, ke tengah lapangan lalu berbalik arah.Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 6
6. Bermainlah terus-menerus. Di dalam wawancara, Messi ditanya apa yang diperlukan untuk menjadi pemain hebat sepertinya dan ia berkata bahwa kuncinya adalah dengan mencintai permainan dan melakukannya secara terus-menerus. Sejak umur 3 tahun, Messi bermain setiap hari, mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Ia bermain di dalam rumah dan mendapatkan masalah karena mulai merusak beberapa benda di rumah. Begitu ia mulai bisa berjalan, ia mulai untuk menggiring bola. Lakukan hal yang sama.. .
Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 6
 
 
 

Mengelabui Lawan

Gambar berjudul Dribble Like Lionel Messi Step 7 1.
Lindungi bola dengan tubuh Anda. Tempatkan tubuh Anda di antara operan yang Anda terima dan lawan di sekitar Anda. Putar pinggul dan cobalah sebaik mungkin untuk menjaga bola dari lawan. Messi akan sering melihat ke atas dan ke arah lawan saat ia menerima bola.[1] 2.
Terima operan menggunakan kaki terjauh dari lawan Anda. Ketika Anda menerima operan, cobalah untuk mengontrol bola itu menggunakan kaki terjauh dari lawan Anda. Meskipun Messi sering berdekatan dengan lawan, ia selalu membuat bola dekat dengan dirinya dan pusat gravitasinya. Terima operan dan buat ruang agar berhasil.
3.
Cari ruang. Jaga agar mata Anda tetap melihat ke depan, tentukan arah mana yang memungkinkan Anda untuk memiliki ruang yang cukup untuk membuat manuver melewati lawan. Pinggulnya tidak akan bohong: Lihatlah pinggul lawan untuk mengetahui ke arah mana mereka berbelok dan apa yang mereka antisipasi dari Anda.
  • Jika Anda tidak kidal, lawan akan menebak bahwa Anda akan bergerak ke kanan, yang mungkin menjadi kecenderungan alami Anda. Gunakan tipuan tersebut sebagai keuntungan Anda.
4.
Loloskan diri dari lawan dengan melangkah ke arah yang berlawanan. Kontrol bola menggunakan kaki sesuai dengan arah Anda melangkah lalu ambil langkah dengan kaki yang lain. Gerakan khas Messi terjadi sangat cepat, yang menjadikannya efektif pada lawan. Pada dasarnya, untuk mengelabui lawan, Messi mengambil satu langkah di arah berlawanan, berpura-pura, lalu menggiring dengan kaki luarnya.[2] 5.
Hampiri lawan secara perlahan. Messi membawa lawan masuk dan memaksa lawan untuk membuat kesalahan. Messi bukanlah penggiring seperti Ronaldinho atau ahli menikung seperti Cristiano Ronaldo, ia hanya melakukan perubahan arah dan kontrol bola sederhana untuk melakukan hal yang ajaib.
6.
Meledaklah. Lakukan dengan sepenuh tenaga saat Anda memutuskan untuk mengubah arah. Tikung lawan dengan menjentikkan bola ke arah yang Anda ingin tuju lalu giring bola seperti yang sedang Anda latih.
  • Anda tidak harus super cepat untuk mencari ruang, Anda hanya perlu untuk melakukan penggiringan secara cerdas dan membuat lawan kebingungan. Ia tidak akan bisa menyentuh Anda.
Tips
  • Bersikaplah pantang menyerah.
  • Cobalah selalu untuk mengontrol bola
  • Siaplah selalu untuk menendang bola melewati lawan ketika ia mencoba mendapatkan bola
  • Yang paling penting, Anda harus memiliki tubuh yang fleksibel.
  • Ketika Anda berlari, larilah dengan lambat lalu lambungkan bola dengan cepat, kemudian lewatilah lawan.
  • Teruskan berlatih, hingga Anda menjadi lebih baik dalam menggiring bola.
  • Berhati-hatilah. Teknik menggiring (yang Anda pelajari dengan banyak berlatih) akan hilang jika Anda terlalu sering mengambil jeda.... bahkan setelah 5-6 bulan berlatih, hal ini masih bisa terjadi.
  • Jika Anda terus berlatih setiap hari, pada suatu hari Anda mungkin bisa menjadi seperti Messi.(Jft/Wikihow)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...