18 January 2020

Kalahkan Liverpool, Madrid Lolos 16 Besar Liga Champions

KONFRONTASI - Real Madrid, berhasil memastikan tiket ke babak 16 besar setelah mengalahkan Liverpool 1-0 dalam laga lanjutan Grup B di Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol, Rabu dini hari WIB.

Gol semata wayang Karim Benzema yang dicetaknya pada menit 28 menjadi penentu langkah Madrid untuk menjaga peluang mempertahankan gelar juara trofi yang sudah 10 kali mereka menangi itu.

Bagi Benzema sendiri, gol itu menjadi gol ketiga yang dicetaknya ke gawang Simon Mignolet setelah dwigol yang dikemasnya saat membantu Madrid menang 3-0 di Anfield dua pekan silam.

Berkat hasil tersebut, Madrid sementara memuncaki klasemen dengan 12 poin hasil sapu bersih memenangi empat laga yang sudah mereka jalani.

Liverpool harus berjuang keras memenangi laga selanjutnya melawan Ludogorets apabila ingin menjaga asa melangkah ke babak 16 besar, mengingat Basel menang besar 4-0 atas wakil Bulgaria itu di tempat lain pada waktu bersamaan.

Pelatih Brendan Rodgers secara mengejutkan menilai laga Liga Utama Inggris melawan Chelsea akhir pekan esok jauh lebih penting sehingga menurunkan pemain lapis dua di hadapan publik Bernabeu.

Sebelum tendangan pertama dilakukan, tak ada kapten mereka Steven Gerrard, tidak juga penyerang badung asal Italia Mario Balotelli.

Di lain pihak, Madrid justru tampil dengan kekuatan penuh, termasuk kehadiran Benzema yang didampingi pemain megabintang Cristiano Ronaldo di lini depan dengan sokongan James Rodriguez, Toni Kroos, Luka Modric dan Isco.

Meski pelatih Carlo Ancelotti menyatakan sayap mereka, Gareth Bale cukup fit, namun ia memilih untuk menyimpan Bale apabila terdapat situasi mendesak, yang nyatanya tak juga mampu dihadirkan Liverpool sepanjang babak pertama.

Terlihat bermain lebih lepas tanpa beban, pada awal-awal laga Liverpool bermain lebih tenang, meski demikian Madrid tak ragu untuk menebar ancaman di hadapan gawang Simon Mignolet sejak dini.

Sedikitnya dua peluang berbahaya didapatkan Madrid di 10 menit awal, memaksa Mignolet menampilkan ketangkasannya menghalau bola sepakan James Rodriguez dan Cristiano Ronaldo.

Sejumlah gempuran demi gempuran terus menerus dilancarkan Madrid, akhirnya membuahkan hasil saat Benzema menyambut umpan tarik dari Marcelo dan menyeploskan bola ke gawang Mignolet untuk membawa Madrid unggul 1-0 atas Liverpool pada menit 28.

Ronaldo berpeluang membawa Madrid menjauh saat ia mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 33 meter, namun Mignolet masih cukup sigap untuk meninju bola yang datang.

Unggul satu gol, Madrid jelas tak puas, lawan yang sukses mereka libas tiga gol tanpa balas di tanah kebanggaannya sendiri itu sepantasnya menelan lebih banyak gol, terlebih skuad yang diturunkan pelatih Brendan Rodgers tak ubahnya tim untuk laga-laga sekelas kompetisi domestik minor macam Piala Liga.

Pun demikian, hingga wasit Victor Kassai meniup peluit tanda babak pertama usai, keunggulan 1-0 Madrid atas Liverpool belum jua bertambah.

Baru semenit laga babak kedua berlangsung, Martin Skrtel seolah meminta Madrid segera menambah keunggulan mereka saat menekel jatuh Ronaldo hanya beberapa jengkal dari garis kotak penalti Liverpool.

Beruntung Ronaldo tak selalu setangkas pemain berbalut gelar Terbaik Dunia, sebab bola eksekusi tendangan bebasnya menyusur tanah dan berhasil dibaca Adam Lallana yang berdiri di tempat yang tepat untuk menyapu bahaya.

Tak kerap mengendalikan bola, tendangan tepat ke arah gawang pertama Liverpool justru dilepaskan bek muda asal tanah Matador, Alberto Moreno, yang melepaskan spekulasi dari tepi kotak penalti, yang arahnya tepat ke pelukan Iker Casillas.

Semenit berselang Moreno mengirimkan umpan terobosan nan cantik ke kaki Lallana, yang sepakannya masih cukup melebar untuk membuat Casillas berreaksi melakukan antisipasi.

Menit 60, Sergio Ramos diganjar kartu kuning saat melakukan ganjalan keras kepada Fabio Borini beberapa meter dari garis kotak penalti, sayang eksekusi tendangan bebas penyerang Italia itu hanya menghasilkan sepak pojok setelah membentur Modric.

Menit 62, Gareth Bale, akhirnya merumput kembali, demi membuat sayap Wales itu terbiasa kembali merasakan atmosfer kompetisi, yang sebetulnya tak banyak dihadirkan Liverpool dalam laga tersebut.

Masuknya Bale, membuat serangan Madrid lebih bervariasi, dan kembali menebarkan ancaman serius ke gawang Liverpool.

Sapuan Toure menghalangi tembakan Ronaldo menyelamatkan gawang Liverpool dari gol kedua dalam laga itu, setelah penyerang Portugal itu menampilkan kerja sama apik dengan Benzema pada menit 67.

Rodgers akhirnya mengutus Gerrard dan Raheem Sterling turun ke lapangan, pada menit 70, masing-masing menggantikan Lucas Leiva serta Lazar Markovic.

Namun Madrid justru kembali mengancam gawang Liverpool, melalui tendangan Bale menyambut umpan dari sisi kiri yang sayangnya masih tepat membentur mistar gawang Mignolet. Bola muntah berusaha dimanfaatkan Ronaldo yang dilanggar dan mengambil sendiri tendangan bebas yang masih tepat mengarah ke kepalan tinju Mignolet.

Meski terus menerus berada di bawah tekanan, barisan pertahanan Liverpool masih cukup kokoh untuk menghalau sejumlah upaya tembakan ke gawang oleh para punggawa Madrid.

Kedudukan 1-0 bagi kemenangan tuan rumah atas Liverpool tak berubah hingga peluit tanda pertandingan usai terdengar.

Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Real Madrid (4-4-2): Iker Casillas (PG); Alvaro Arbeloa (Nacho), Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; James Rodriguez (Gareth Bale), Luka Modric, Toni Kroos, Isco; Karim Benzema (Javier Hernandez), Cristiano Ronaldo

Pelatih: Carlo Ancelotti

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Javier Manquillo, Kolo Toure, Martin Skrtel, Alberto Moreno; Emre Can (Philippe Coutinho), Lucas Leiva (Steven Gerrard), Joe Allen; Lazar Markovic (Raheem Sterling), Fabio Borini, Adam Lallana

Pelatih: Brendan Rodgers.[ant/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...