24 July 2019

Guam Raih Kemenangan Perdana di Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia

Konfrontasi - Guam mengamankan kemenangan perdana mereka pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia, ketika gol bunuh diri membuat negara pulau Pasifik itu menang 1-0 atas Turkmenistan pada Kamis (11/6).

Terdapat pula kejutan ketika di Filipina pada putaran kedua kualifikasi zona Asia untuk Piala Dunia 2018, ketika tim tuan rumah menang 2-1 atas Bahrain.

Bagaimanapun, tidak ada kisah indah untuk Kamboja dan Bhutan, ketika kedua negara itu menelan kekalahan besar dari Singapura dan Hong Kong.

Bermain kandang untuk pertama kalinya dalam kualifikasi Piala Dunia, Guam mengunci kemenangan bersejarah ketika bek Turkmenistan Serdar Annaorazov menyundul bola yang masuk ke gawangnya sendiri, untuk membuat publik tuan rumah di GFA National Training Centre bersorak gembira.

Hasil mengejutkan itu mengirim Guam, pulau teritori AS di Pasifik barat dengan populasi kurang dari 200.000 orang, memuncaki klasemen Grup D setidaknya selama beberapa jam sebelum pertandingan India melawan Oman di Bangalore pada Kamis malam.

Hasil ini merupakan peningkatan besar bagi Guam dari pertandingan terakhir mereka di kualifikasi Piala Dunia pada 2000, saat mereka dihancurkan 0-19 oleh Iran dan 0-16 oleh Tajikistan. Mereka akan menjamu India pada pertandingan keduanya di Grup D Selasa mendatang.

Di Manila, Filipina juga membuat start bagus ketika mereka menaklukkan Bahrain dengan skor 2-1 pada pertandingan pembukanya di Grup H yang dimainkan di Stadion Philippines Sports.

Misagh Bahadoran memaksimalkan umpan silang kiriman Phil Younghusband pada menit ke-50, dan Javier Patino menambahi gol kedua setelah terjadi kemelut di mulut gawang sepuluh menit kemudian, sebelum Abdulwahab Al Malood mencetak gol hiburan bagi tim tamu yang berasal dari Timur Tengah pada fase akhir pertandingan.

Kamboja juga mencari start positif di depan para penggemar mereka yang memenuhi Stadion Olympic di Phnom Penh, namun mereka justru harus takluk 0-4 oleh Singapura di Grup E.

Khailul Amri membuka keunggulan timnya pada menit kesembilan dan Safuwan Baharudin mengemas dua gol untuk membawa tim tamu unggul 3-0 pada babak pertama, sebelum Fazrul Nawaz menambahi gol keempat saat babak kedua baru bergulir sepuluh menit.

Bhutan juga menelan kekalahan berat saat mereka dihancurkan 0-7 oleh Hong Kong, di mana Jaimes McKee mencetak dua gol untuk tuan rumah pada pertandingan Grup C itu.

Gol penyama kedudukan Kyaw Zayar Win membuat Myanmar bermain imbang 2-2 pada pertandingan pembukaan Grup G mereka di Laos, sedangkan Anton Zemluanukhin mencetak dua gol ketika Kyrgistan menang 3-1 di Bangladesh pada pertandingan Grup B.

Total sebanyak 14 pertandingan dimainkan di seantero Asia pada Kamis, di mana pertandingan-pertandingan tersebut menjadi kualfikasi untuk Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...