18 July 2019

Dijagokan Juara Champion Eropa, Barca Sikat Alaves 2-0 di Liga Spanyol

KONFRONTASI -    Kemenangan 2-0 dipetik Barcelona saat bertandang ke markas Deportivo Alaves dalam laga lanjutan Liga Spanyol. Di babak pertama, Alaves sebenarnya mampu menahan gempuran Barca. Namun, sejumlah kesalahan yang dilakukan kubu tuan rumah di babak kedua membuat mereka harus membayarnya dengan kekalahan. Dengan hasil ini, Barca semakin dekat dengan gelar juara.

Para pemain Barca memulai laga dengan penguasaan bola terlebih dulu. Di menit keenam, skuad asuhan Ernesto Valverde menebar ancaman. Luis Suarez melepaskan tembakan ke arah gawang setelah mendapat umpan Philippe Coutinho dan ditepis Fernando Pacheco. Bola muntah kemudian disambar Coutinho. Sayangnya, si kulit bundar diblok Rodrigo Ely.

Kali ini, Alaves tampil disiplin. Meski tak memperoleh banyak peluang melancarkan serangan, penggawa Alaves mampu menahan gempuran para pemain Barca. Saat diserang, para pemain Alaves pun mundur hingga menumpuk di depan kotak penalti.

Di menit 23, Barca kembali memperoleh peluang. Coutinho melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti karena beberapa kali kesulitan menembus pertahanan Alaves. Namun, upaya tersebut masih gagal membuahkan gol karena bola bisa dibendung Pacheco.

Demikian pula yang terjadi di menit 29 kala Suarez melesatkan tembakan yang diarahkan ke pojok bawah gawang Alaves. Meski sudah membidik sudut yang sulit, bola masih bisa ditepis Pacheco untuk tidak masuk ke dalam gawang. Barca harus puas menyudahi babak pertama dengan skor 0-0 kontra Alaves.

Di awal babak kedua, Barca langsung mengambil alih jalannya pertandingan. Namun, di menit 51, Alaves sempat mencuri kesempatan dan mengancam gawang Barca. Ruben Duarte melepaskan tembakan melengkung menuju gawang Barca. Ter Stegen masih bisa menghalaunya.

Di menit 54, kebuntuan baru terpecahkan saat Carles Alena mencatatkan namanya di papan skor. Setelah mendapat umpan dari Sergi Roberto, Alena mendapat celah untuk melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Pacheco yang mencoba membendung tembakan tersebut gagal menghentikan laju bola. Barca akhirnya unggul 1-0.

Berselang 13 menit, Barca sebenarnya mampu menggetarkan jala gawang Alaves lagi. Gerard Pique melesatkan tembakan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan tendangan bebas. Sayangnya, gol tersebut dianulir oleh wasit lantaran saat menerima bola, Pique sudah dalam posisi offside.

Di menit 60, Barca baru benar-benar bisa menggandakan keunggulannya. Kali ini, gol dilesakkan Suarez melalui eksekusi penalti. Alaves dihukum karena Tomas Pina kedapatan melakukan handball di kotak terlarang. Suarez yang maju sebagai algojo tanpa kesalahan melakukan eksekusi dan membawa Barca memimpin 2-0.

Usai unggul 2-0, Valverde sebenarnya memasukkan Lionel Messi. Sayangnya, hingga wasit meniup peluit panjang tak ada gol tambahan yang tercipta. Laga berakhir 2-0 untuk kemenangan Barca. 
Susunan Pemain:
Deportivo Alaves: Fernando Pacheco – Carlos Vigaray, Ximo Navarro, Victor Laguardia, Rodrigo Ely, Ruben Duarte; Diego Rolan, Mubarak Wakaso, Tomas Pina, Jony; Borja Baston.
Barcelona: Marc-Andre ter Stegen – Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Sergi Roberto; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Carles Alena; Ousmane Dembele, Luis Suarez, Philippe Coutinho.(Jft/BeritaBuana)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...