23 May 2018

Bursa Calon Ketum PSSI Sepi Peminat

KONFRONTASI-Bursa calon ketua umum (Ketum) PSSI untuk periode 2015-2019 masih sepi peminat, karena terbukti hingga 10 hari masa pendaftaran baru dua anggota PSSI yang mengajukan calon berikut nama calon anggota Komite Eksekutif.

Wakil Ketua Komite Pemilihan Max Boboy di Jakarta, Jumat mengatakan, dua anggota PSSI yang telah mengajukan nama calon ketum dan anggota Komite Eksekutif adalah klub Semen Padang dan Persija Muda.

"Setiap anggota mengajukan 15 nama yang terdiri atasi satu calon ketua, dua wakil dan 12 anggota Komite Eksekutif," katanya di Kantor PSSI Senayan, Jakarta.

Menurut dia, dari dua anggota yang telah mengajukan nama semuanya belum memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan diantaranya harus memasukkan minimal satu nama calon anggota Komisi Eksekutif perempuan.

"Keduanya tidak memasukkan calon perempuan. Padahal minimal harus ada satu. Makanya sebelum diputuskan akan dilakukan pleno untuk membahas ini," katanya menambahkan.

Max Boboy menjelaskan, dua anggota yang telah mengembalikan formulir pendaftaran semuanya mengusung nama Wakil Ketua Umum PSSI sekarang yaitu La Nyalla Mattalitti sebagai calon ketua umum PSSI 2015-2019.

"Persija Muda mengajukan nama Ferry Paulus sebagai wakil ketua umum. Kalau ga salah ada nama Maruarar Sirait juga diajukan sebagai calon anggota Komite Eksekutif," katanya menegaskan.

Sesuai dengan jadwal yang ada, pendaftaran akan ditutup pada 21 Januari nanti. Setelah itu, Komite Pemilihan akan menggelar pleno dan dilanjutkan dengan proses verifikasi mulai 22 Januari hingga 17 Februari.

Setelah verifikasi, pihak Komite Pemilihan akan mengumumkan hasil verifikasi pada 18 Februari. Jika tidak ada yang melakukan banding, selanjutnya pada calon akan bersaing pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Surabaya, 18 April mendatang.

Pihaknya berharap, anggota PSSI yang berjumlah 782 secepatnya mengajukan nama calon. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan diakhir masa pendaftaran. Calon yang diajukan oleh anggota nantinya akan dipilih oleh 105 pemilik suara dari asosiasi hingga klub.[mr/ant]

Category: 
Loading...