23 September 2019

2017, Real Madrid dan Barcelona Ditakdirkan Bersaing Hingga Akhir Musim La Liga

KONFRONTASI -  TINGGAL dua pekan lagi Liga Spanyol musim 2016-2017 akan berakhir. Barcelona dan Real Madrid bersaing ketat dalam meraih trofi bergengsi di negeri matador tersebut. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 84 poin. Namun, Blaugrana sudah melakoni 36 laga sedangkan Los Blancos baru 35 laga.

Dengan begitu, Real Madrid berada di posisi terdepan dalam merebut trofi juara. Syaratnya, pasukan Zinedine Zidane dilarang tergelincir (kalah) pada tiga laga sisa. Dengan meraih 7 poin dari tiga laga sisa, Madrid dipastikan meraih trofi Liga Spanyol yang pertama dalam lima tahun terakhir sekaligus yang ke-33 sepanjang sejarah klub.

Tiga laga tersisa Real Madrid yakni melawan Sevilla, Minggu 14 Mei 2017 di kandang, tandang ke markas Celta Vigo Rabu 17 Mei 2017, dan bertandnga ke Malaga Minggu 21 Mei 2017. Sementara dua laga terakhir Barcelona yakni bertandang Las Palmas Minggu 14 Mei 2017 dan Eibar Minggu 21 Mei 2017 di kandang.

Dari tiga lawan Real Madrid tersebut, Sevilla akan jadi sandungan terbesar. Apalagi, pasukan Jorge Sampaoli masih membutuhkan poin untuk mengamankan posisinya di peringkat keempat yang merupakan tiket terakhir lolos ke Liga Cham­pions.

Saat ini Sevilla menempati peringkat keempat dengan me­ngumpulkan 69 poin atau unggul enam poin atas peringkat kelima Villarreal (63 poin). Karena rekor pertemuan (head to head) Sevilla dan Villarreal musim ini imbang (kedua tim bermain 0-0 di kandang Sevilla dan Villarreal), dengan begitu posisi Sevilla di peringkat keempat masih belum aman. Los Palanganas masih membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan finis di empat besar.

Jika berhasil melewati hadangan Sevilla, langkah Real Madrid akan semakin ringan. Namun, dua laga sisa, yakni melawan Celta Vigo dan Malaga, tetap memberikan tantangan sendiri. Terlebih, Si Putih akan melakoni dua laga tandang (away). Selain itu, Celta Vigo dan Malaga tidak ada beban dan tekanan. Kedua tim tersebut memastikan tetap bertahan di Liga Spanyol.

Malaga yang menempati peringkat ke-11 dan Celta Vigo ke-12, tidak lolos ke kompetisi Eropa musim depan. Namun, Celta Vigo berpeluang tampil di Liga Champions asalkan mampu menjuarai Liga Eropa musim ini. Akan tetapi, skuad Eduardo Berizzo harus lebih dulu menyingkirkan Manchester United di semifinal Liga Eropa.

Kendati berkutat di papan tengah dan dianggap sebagai tim medioker, Celta Vigo dan Malaga masih berbahaya. Celta Vigo pernah mengalahkan Real Madrid dan Barcelona musim ini.

Sementara Malaga saat tampil di depan puluhan ribu pendukungnya juga mengesankan. Mereka menang lima kali dari enam laga terakhirnya di Stadion La Rosaleda. Jadi, Real Madrid harus hati-hati!

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...