21 February 2020

2 Gol Salah Bawa Liverpool Duduk Semakin Nyaman di Puncak Klasemen Liga Inggris

Konfrontasi - Liverpool memetik kemenangan 2-0 atas Watford untuk melanjutkan rentetan kemenangannya di Liga Inggris. Dua gol Liverpool diborong oleh Mohamed Salah.

Liverpool menjamu Watford di pekan ke-17 Liga Inggris. Bertanding di Anfield, Sabtu (14/12/2019) malam WIB, Liverpool sempat kesulitan menembus pertahanan Watford.

Mereka akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-38 lewat gol Salah. Keunggulan 1-0 Liverpool bertahan hingga turun minum.

Watford bukan tanpa peluang. Namun buruknya penyelesaian akhir membuat mereka tak bisa mencetak gol. Alisson juga beberapa kali menepis tembakan Watford. Salah kemudian kembali bikin gol di menit ke-90 untuk menyegel kemenangan Liverpool.

Ini jadi kemenangan kedelapan yang dibukukan Liverpool secara beruntun di Liga Inggris. The Reds makin mantap di puncak klasemen Liga Inggris dengan 49 poin dari 17 pertandingan. Sementara Watford terbenam di dasar klasemen dengan sembilan poin.

Jalannya Pertandingan

Watford dapat peluang lebih dulu di menit kelima lewat serangan dari sisi kanan. Ismaila Sarr melepaskan umpan ke kotak penalti, tapi tak bisa dijangkau oleh Troy Deeney.

Liverpool kesulitan menciptakan peluang. Mereka kesulitan menembus pertahanan Watford.

Watford menyerang balik dari tengah lapangan dan Will Hughes mencoba melepaskan tmebakan dari luar kotak penalti. Namun bola melebar dari gawang.

Mohamed Salah menembus pertahanan Watford dan masuk ke kotak penalti. Salah mengakhiri pergerakannya dengan tembakan melengkung dengan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh. Upaya Liverpool ini belum membuahkan hasil karena bola menyamping dari sasaran.

Watford lagi-lagi menebar ancaman dari sisi kanan. Capoue melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Sial bagi Watford, Abdoulaye Doucoure yang berdiri bebas gagal menyambut bola. Bola liar yang coba disambar oleh Deulofeu diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Watford gagal memaksimalkan sepak pojok itu. Sebaliknya, Liverpool langsung menyerang balik. Sadio Mane mengoper bola kepada Salah yang langsung menembus jantung pertahanan Watford. Dia kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Watford.

Watford punya peluang emas untuk mencetak gol balasan pada menit ke-42. Tembakan Deulofeu ditepis Alisson dan bola muntah mengarah ke Sarr yang berdiri bebas di depan gawang.

Namun tendangan Sarr luput dan bola mengarah ke Capoue. Liverpool bisa bernapas lega karena tendangan Capoue melambung di atas mistar gawang.

Usai jeda, Watford mencoba mengambil inisiatif menyerang. Sarr masuk masuk dari kanan dan melepaskan tembakan yang ditepis oleh Alisson.

Pada menit ke-50, Mane menjebol gawang Watford lewat sundulan usai menyambut umpan dari Xherdan Shaqiri. Namun, VAR menyatakan Mane berada dalam posisi offside dan gol pun dianulir.

Watford balas mengancam lewat Deulofeu yang lolos masuk ke kotak penalti Liverpool. Alisson lagi-lagi melakukan penyelamatan apik untuk menggagalkan tembakan Deulofeu.

Masuknya Andy Robertson yang menggantikan Wijnaldum membuat Liverpool makin berbahaya dari sisi kiri. Bola operan dari Robertson mengharah ke Firmino yang ada di tengah kotak penalti. Namun rapatnya pertahanan Watford membuat Firmino tak bisa melepaskan tembakan dengan sempurna.

Kesalahan dilakukan Virgil van Dijk di lini belakang. Niatnya untuk melakukan backpass kepada Alisson justru menghasilkan sepak pojok untuk Watford. Dari sepak pojok itu, Deulofeu mengarahkan tendangannya langsung ke gawamg dan membentur tiang.

Liverpool menggandakan keunggulan di menit ke-90. Berawal dari umpan tarik Mane dari sisi kanan, bola coba disambar oleh Divock Origi. Tendangan Origi yang tak sempurna justru mengarahkan bola ke Salah.

Salah langsung mengarahkan bola ke gawang. Meski VAR sempat mengecek dugaan offside pada Salah, namun gol pada akhirnya tetap sah.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Van Dijk, Gomez, Milner, Henderson, Wijnaldum (Robertson 59'), Shaqiri (Oxlade-Chamberlain 70'), Mane, Salah, Firmino (Origi 88')

Watford: Foster, Mariappa, Deulofeu, Deeney (Gray 75'), Cathcart, Doucoure (Quina 87'), Hughes, Femenia, Sarr, Kabasele, Capoue

(dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...