14 November 2019

Wapres JK Diundang Jadi Pembicara Utama Forum BOAO di China

KONFRONTASI - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengunjungi Tiongkok untuk berbicara pada pembukaan BOAO Forum for Asia (BFA). JK akan berbicara mengenai Asia ke depan.

"Ya tentu tentang Indonesia. Bagi kita tentu semua ingin menjaga sinergi antara Cina dengan semua negara-negara lain. Ini Menarik. BOAO Forum itu, meski diadakan di China, tapi ketuanya Jepang. Jadi ini mempererat hubungan China dengan Jepang," kata JK di kantornya, Kamis 10 Maret 2016.

Terkait hal ini, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng, mengatakan kunjungan Wapres JK yang diperkirakan tanggal 23 hingga 24 Maret 2016 bertujuan untuk menghadiri The Boao Forum.

"Forum ini sangat penting untuk pengembangan ekonomi dan kapabilitas di Asia Pasifik," kata Xie Feng usai bertemu Wapres JK di kantor Wapres, Jakarta, Kamis 10 Maret 2016.

Ia menambahkan dalam pertemuan tersebut JK akan menjadi pembicara kunci atau keynote speech. Menurut Xie Feng, hal ini akan menjadi kesempatan yang unik karena Wapres bisa mengelaborasi perspektif dan komitmen Indonesia untuk perkembangan kawasan Asia Pasifik yang berkelanjutan.

"Jadi saya pikir kunjungan Wapres JK ke BOAO Forum juga merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk mentransformasi kerjasama yang baik dengan negara-negara Asia Pasifik lainnya," kata Xie.

Di Tiongkok, Wapres JK juga akan bertemu dengan sejumlah pimpinan Tiongkok dan mengunjungi Provinsi Guangzhou. Kedatangan JK ke Tiongkok, menurut Xie, akan membuka banyak kesempatan bagi Tiongkok dan Indonesia untuk memperluas kerjasama.

"Wapres JK sudah enam kali mengunjungi Tiongkok ketika dia menjadi wapres pada pemerintahan sebelumnya. Dan ini menjadi kunjungan pertamanya sejak 8 tahun lalu. Presiden Jokowi dan Tiongkok juga telah dua kali bertemu dua kali tahun lalu," kata Xie.

Menurutnya, melalui pertemuan-pertemuan tersebut, kerjasama Tiongkok dan Indonesia semakin meluas. Sehingga kunjungan JK mendatang dinilai akan semakin mempererat hubungan Tiongkok dan Indonesia.[ian/vvn]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...